Beranda Daerah Pemkab Tuba Dukung Program Keamanan Pangan Terpadu Yang Dilaksanakan BPOM

Pemkab Tuba Dukung Program Keamanan Pangan Terpadu Yang Dilaksanakan BPOM

57
0
BERBAGI

Cahayalampung.com (Tulang Bawang) – Pemerintah Kabupaten Tulangbawang siap mendukung program keamanan pangan terpadu yang dilaksanakan Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) di seluruh Indonesia.

Kesiapan tersebut disampaikan Sekretaris Daerah Kabupaten Tulangbawang Anthoni, usai mengikuti focus group discussion dengan BPOM, Selasa (16-3-2021). Acara yang berlangsung secara virtual itu membahas peluncuran Program Keamanan Pangan Terpadu Kabupaten/Kota.

Pada akesempatan tersebut, Sekdakab didampingi Kepala Dinas Kesehatan, Kepala Dinas Perdagangan, dan Kepala Dinas Ketahanan Pangan.

Anthoni mengatakan, keamanan pangan terpadu bagian dari program prioritas nasional untuk penurunan kasus stunting yang ditarget mecapai 100 persen pada tahun 2024.

Karena itu, lanjut dia, Pemkab Tulangbawang akan memperkuat koordinasi dan sinergi untuk menyukseskan pelaksanaan program tersebut.

Sebelumnya, Deputi 3 BPOM Bidang Pengawan Pangan Olahan Rita Endang mengatakan, berdasarkan Undang-Undang Nomor 18 Tahun 2012, pangan merupakan kebutuhan dasar manusia. Karena itu, pemenuhan pangan harus mencakupi kecukupan gizi, mutu, dan keamanan.

“Keamanan pangan harus dipenuhi disepanjang rantai pangan. Pemenuhan itu merupakan tanggung jawab bersama. Untuk mewujudkan keamanan pangan perlu dilakukan melalui tiga pilar keamanan pangan” pelaksanaan keamanan pangan oleh pemerintah, pelaku usaha dan masyarakat,” ujar Rita.

Dia berharap, program keamanan pangan terpadu dapat berkontribusi untuk meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat dan pemulihan perekonomian Indonesia. Terutama pada masa pandemi covid-19. (CL/Der)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here