Beranda Peristiwa Petugas Jaga Posko COVID19 di Tulangbawang tak Dilengkapi Pelindung Diri

Petugas Jaga Posko COVID19 di Tulangbawang tak Dilengkapi Pelindung Diri

273
0
BERBAGI

TULANG BAWANG – Miris dan sangat disayangkan. Para petugas jaga di Posko COVID-19 di sejumlah titik ditingkat kampung ditemukan tidak melengkapi diri dengan masker dan alat pelindung diri (APD) serta keamanan protokol kesehatan.

Seperti yang terjadi di Posko pencegahan COVID19 di Kampung Agung Jaya dan Sukamaju, Kecamatan Banjarmargo, Kabupaten Tulangbawang, Propinsi Lampung. Disana, para petugas jaga tidak memperhatikan prosedur keselamatan diri dari bahaya penularan CORONA VIRUS.

Salah satu petugas jaga COVID19, yang enggan disebutkan namanya mengaku, dirinya dan petugas lainnya, tidak diberi masker, sarung tangan, dan perlengkapan protokol kesehatan lainnya, oleh Pemerintahan Kampung (Pemkam).

“Saya disuruh Pak RT untuk piket tugas jaga di Posko COVID19, tapi tidak diberi masker, sarung tangan dan pelindung diri. Hanya diberi alat semprotan dan sabun cuci tangan,”terangnya, di Posko, Kamis (30/4/2020).

Ia menambahkan, selama ada ribut – ribut masalah CORONA VIRUS Pemkam tidak melakukan pembagian masker dan penyemprotan rumah – rumah. Tidak ada yang di bagi – bagi untuk masyarakat umum dan sosialisasi tentang bahaya COVID19.

Terpisah, Kepala Kampung Agung Jaya, Jamirun, membantah bahwa Pemkam Agung Jaya sejauh ini telah aktif melakukan upaya pencegahan penyebaran COVID19. Pihaknya juga telah melakukan pembagian sekitar kurang lebih 200 masker.

“Pemkam sudah membagikan masker melalui para Rukun Keluarga (RW) dan Rukun Tetangga (RT). Pihak kampung juga aktif melakukan penyemprotan. Mungkin para petugas jaganya itu bukan anggota tim relawan. Tim relawan ada 50 orang,”kata Jamirun, Kamis (30/4/2020).

Minimnya pelindung diri petugas jaga Posko COVID19 disejumlah titik, mengundang rasa simpati dan empati Jurnalis yang datang meliput kegiatan di Posko Jaga. Secara spontan Jurnalis Cahaya Lampung dan Rajawali News langsung membagikan masker kepada para petugas jaga dan kepada sejumlah warga yang melintas dipintu jaga Posko COVID19. (BUDI)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here