Beranda Berkelakar Keluar Pintu Tol Ketemu Kubangan

Keluar Pintu Tol Ketemu Kubangan

269
0
BERBAGI

MAKSUD hati ingin cepat sampai tujuan dengan menggunakan jalan tol, walaupun harus merogoh kantong untuk membayar. Tapi sangat disayangkan pengemudi harus menelan kekecewaan karena jalan sepanjang pintu keluar tol Menggala, Kabupaten Tulangbawang dan pintu tol Lambukibang, Kabupaten Tulangbawang Barat rusak parah.

Seharusnya dua kadis PU Tulangbawang dan Tulangbawang Barat ini segera mengusulkan perbaikan jalan keluar pintu tol Menggala dan Lambukibang ke dinas terkait Provinsi Lampung.

Agar keluhan pengguna jalan bisa teratasi dengan cepat, selain jalan yang rusak jalan keluar masuk Pintu Tol ini sangatlah kecil ditambah lagi banyak lubang tentunya situasi ini sangat membahayakan bagi pengguna jalan. Ironisnya jika musim hujan jalan ini seperti kubangan kerbau, dan sangat sulit untuk dilalui kendaraan baik mobil maupun motor.

Usulannya bukan hanya memperbaiki jalan saja, tapi perlu sekali akses jalan pintu keluar masuk tol ini dibuat dua jalur. Agar selain pengguna jalan tol, masyarakat dua kabupaten ini juga merasa nyaman dengan kondisi jalan yang dilalui.

Selain itu lampu penerang juga sangat dibutuhkan untuk kenyamana pengguna jalan tol dan masyarakat dua kabupaten Tulangbawang dan Tulangbawang Barat yang melintasi jalan tersebut.

Karena jalan keluar pintu tol ini sangat jauh dari jalan lintas timur, dan kondisi tempatnya masih banyak perkebunan tentunya ini harus menjadi perhatian khusus pemerintah daerah maupun Provinsi Lampung. Agar keselamatan para pengguna jalan bisa terjamin.

Terdapat sekitar 32 lubang yang menganga menghiasi jalan mulai dari Simpang Kuburan Ujunggunung, Kecamatan Menggala, Kabupaten Tulangbawang hingga gerbang tol Menggala.

Rusaknya akses jalan menuju tol Menggala sempat menjadi perhatian Wakil Gubernur Lampung Chusnunia atau Nunik saat kunjungan kerja (kunker) ke kabupaten yang berjuluk Sai Bumi Nengah Nyappur pada Kamis 30 Januari 2020 lalu.

Dikawal Bupati Tulangbawang Winarti, Wakil Gubernur Lampung meninjau jalan rusak menuju pintu tol Menggala di Simpang Kuburan Aspol, Ujunggunung. Kunjungan itu dilakukan Nunik usai roadshow di Kampung Kampung Warga Makmur Jaya, Kecamatan Banjaragung.

Nunik menjelaskan pada tahun 2020 sudah ada pemeliharaan untuk memperbaiki jalan Provinsi Lampung menuju tol Menggala.

“Jalan yang rusak dan berlubang, akan dibuat mulus. Supaya pengendara keluar dari pintu tol Menggala bisa nyaman. Nanti saya akan turun lagi setelah jalan provinsi ini diperbaiki. Kami akan cek, apalagi yang perlu ditambah,” kata Nunik sapaan akrab Wakil Gubernur Lampung.

Pada saat itu juga Bupati Tulangbawang menitip pesan kepada Nunik agar Pemerintah Provinsi Lampung memperbaiki jalan rusak di Tulangbawang.

“Bila perlu jalan provinsi menuju pintu tol Menggala dilebarkan agar akses masuk jalan tol dan keluar menuju Kota Menggala bisa lebih cepat,” pinta Winarti kepada Wakil Gubernur Lampung pada saat itu.

Kepala Dinas Bina Marga dan Bina Konstruksi Lampung Mulyadi Irsan mengatakan perbaikan jalan menuju tol merupakan tanggung jawab Kementerian PUPR.

Termasuk jalan di pintu ke luar Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) ruas Terbanggibesar – Pematangpanggang di Menggala, dan Lambu Kibang.

“Semua jalan yang terhubung dengan jalan tol akan menjadi agenda Kementrian untuk segera ditangani,” jelas Mulyadi kepada harianmomentum, Jumat (19-6-2020) lalu.

Dia menyebut peebaikan jalan tersebut biasanya dilakukan Balai Pengelola Jalan Nasional (BPJN) X.

Pintu Ke luar Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) di Menggala dan Lambukibang rusak parah. Jalan tersebut dipenuhi lubang dan tanah. Terlebih saat hujan turun.

Padahal, JTTS ruas Terbanggibesar – Pematangpanggang – Kayuagung itu baru saja diresmikan Presiden Joko Widodo pada November 2019.

Abdul Rohman.,S.H.
Ketua PWI Tulangbawang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here