Beranda Nasional Asiik ! 28 Ribu KK di Tuba di Kucur BLT Kemensos

Asiik ! 28 Ribu KK di Tuba di Kucur BLT Kemensos

375
0
BERBAGI

TULANGBAWANG – Kabar baik dan membahagiakan. Kementerian Sosial (Kemensos) akan mengucurkan bantuan langsung tunai (BLT), kepada Kepala Keluarga (KK) di Kabupaten Tulangbawang, Propinsi Lampung, sebanyak 28.000 KK calon penerima BLT sebesar Rp1.800.000. Bantuan BLT ini Non BLT Dana Desa (DD), Non PKH dan Non BPNT.

Hal itu dikatakan langsung oleh Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Penelitian dan Pengembangan (Bappedalitbang) Kabupaten Tulangbawang Dicky Soerachman, kepada wartawan diruang kerjanya, Rabu (6/5/2020).

Saat ini, kata dia, 28ribu data calon penerima BLT itu masih dalam tahap verifikasi data. Kemensos sedang memproses datanya. Ini adalah kabar baik untuk masyarakat di Kabupaten Tulangbawang.

“Ada sekitar 28.000 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) yang akan mendapatkan dana BLT dari Kemensos. Ini Non BLT dari DD, Non PKH, Non BPNT. Jadi tunggu saja, mudah – mudahan akan segera terealisasi sebelum lebaran,”kata Dicky, Rabu (6/5/2020).

Dicky menjelaskan, bagi masyarakat yang terdampak Covid-19, khususnya untuk masyarakat tidak mampu akan mendapatkan bantuan BLT sebesar Rp 600ribu per keluarga per bulan, selama tiga bulan berturut-turut. Pencairannya akan dibagikan langsung dan bisa transfer langsung.

Ia menuturkan, masyarakat tidak mampu yang belum tercover PKH dan BPNT akan diberikan bantuan BLT dari Kementerian Sosial dan BLT dari Dana Desa. Paket sembako itu diperuntukan untuk masyarakat yang terdampak Covid-19 jumlahnya ada 27.000.

Kalimat terakhirnya, Dicky meminta kepada seluruh pihak khususnya aparatur pemerintah kampung atau kelurahan dapat mensosialisasikan mengenai perbedaan bantuan BLT dan sembako ini dengan baik. Petugas TKSK harus menjadi terdepan dalam memberikan pemahaman  kepada masyarakat.

“Kepala Kampung dibantu RT, RW dan aparatur kampungnya harus bisa menjaskan kepada masyarakat. Jangan ada kesan yang kaya dapat bantuan sembako yang miskin justru tidak dapat. Padahal warga miskin atau tidak mampu akan di berikan  BLT dari DD dan BLT dari Kemensos,”tutupnya. (*)

Penulis / editor : Budi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here