Beranda Kesehatan Belum Turun Anggaran, Pencegahan Corona di Tulangbawang Makin Agresif

Belum Turun Anggaran, Pencegahan Corona di Tulangbawang Makin Agresif

206
0
BERBAGI

TULANG BAWANG – Meski bum turunnya anggaran dari Pemerintah Daerah dan minimnya alat pelengkap diri (APD) petugas kesehatan dan tim gugus tugas Covid19, tak menjadi alasan bagi mereka untuk tetap melaksanakan tugas dan fungsinya sebagai alat perang melawan Corona.

Dari pemantauan di sejumlah kampung dan kecamatan. Tim gugus tugas tingkat kampung, mengaku saat ini belum mendapatkan suntikan dana dari pemerintah. Padahal Pemkab Tulangbawang telah menyiapkan dana sebesar Rp5 Miliar.

Gugus tugas masing – masing kampung bergerak aktif melakukan upaya pencegahan penyebaran Corona, mulai dari penyemprotan rutin hingga mendirikan posko dan portal buka tutup jalan.

“Sampai dengan hari ini gugus tugas ditingkat kampung dan kecamatan belum dapat kucuran dana. Meski demikian, tim gugus tugas tetap melaksanakan tugasnya secara mandiri, iklhas dan sukarela,”terang salah satu tim gugus tugas tingkat kampung.

Begitupun dengan Puskesmas di Tulangbawang, pihak Puskesmas belum mendapatkan kucuran anggaran. Untuk APD sendiri, pihak Puskesmas hanya mendapatkan kiriman sebanyak tiga buah APD. Kelengkapan kerja petugas kesehatan dengan menggunakan standar SOP pelayanan.

“Alhamdulilah, APD yang untuk petugas puskes itu hanya masker dan handscone. Itu dari dinas. Dan kita baru dapat 3 baju APD HAZMAT, dari dinas. Lima perak budeg dana belum ada yang masuk ke Puskesmas,”ujar salah satu Kepala Puskesmas di Tulangbawang.

Sekretaris Daerah Kabupaten (Sekdakab) Tulangabawang Antoni saat dikonfirmasi mengaku, bahwa anggaran penanganan Covid19 masih diproses.

“Sudah dirancang di diskes. Soal cair dan belumnya, saya belum cek,”kata Sekda Antoni singkat, via ponselnya, Senin (6/4/2020) siang. (BUD)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here