Beranda Kesehatan Mantap…18 Puskesmas di Tulangbawang Deklarasi Ramah Anak

Mantap…18 Puskesmas di Tulangbawang Deklarasi Ramah Anak

466
0
BERBAGI

TULANGBAWANG – Puskesmas Se Kabupaten Tulangbawang melaksanakan deklarasi pelayanan ramah anak yang dipusatkan di Puskesmas Tulangbawang I Kampung Tunggal Warga, Kecamatan Banjaragung, Senin (10/02/2020).

Deklarasi itu dihadiri oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Tulangbawang Anthoni, Kepala Dinas Kesehatan Fatoni, dan seluruh Kepala Puskesmas se Kabupaten Tulangbawang.

Kepala Dinas Kesehatan Fatoni mengatakan, terdapat 18 puskesmas yang siap untuk melaksanakan pelayanan ramah anak di Kabupaten Tulangbawang.

“18 Puskesmas sudah dilengkapi fasilitas tempat bermain anak untuk mendukung pelayanan ramah anak,” ujar Fatoni.

Fatoni menjelaskan, fasilitas kesehatan harus ramah anak agar anak-anak senang memeriksa kesehatan di Puskesmas.

“Ada beberapa indikator puskesmas ramah anak yang harus dipenuhi, diantaranya adalah penyediaan tempat bermain ramah anak, tenaga medis yang melayani dengan ramah, dan pelayanan gizi yang memadai bagi anak-anak,” terangnya.

Sesuai diamanahkan melalui Peraturan Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Permen PPA) RI Nomor 1 Tahun 2015 tentang Rencana Strategis Kemen PPA RI Tahun 2015-2019, seluruh kabupaten maupun kota di Indonesia diminta bisa menjadi layak serta ramah anak.

Di dalamnya pun terkait erat dengan Kementerian Kesehatan RI melalui program bersama yakni Puskesmas Ramah Anak.

Guna mewujudkan hal tersebut, setidaknya ada 16 indikator atau komponen yang mutlak dipenuhi agar puskesmas tersebut memperoleh predikat sebagai Puskesmas Ramah Anak.

Fatoni menyatakan Dinas Kesehatan akan berupaya mendorong seluruh puskesmas yang ada di Tulangbawang untuk mewujudkan pelayanan puskesmas ramah anak. (SBP)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here