Beranda Lifestyle Hadapi Dua Situasi Berbeda, Peran Dandim 0426 Tulangbawang Diuji

Hadapi Dua Situasi Berbeda, Peran Dandim 0426 Tulangbawang Diuji

224
0
BERBAGI
Komandan Kodim (Dandim) 0426 Tulangbawang Letkol Inf Kohir, saat meninjau lokasi bentrok bersama Polda Lampung.

Cahayalampung.com– Komandan Kodim (Dandim) 0426 Tulangbawang Letkol Inf Kohir, adalah pemegang tongkat Komando Instansi Militer yang membawahi dua wilayah yakni Kabupaten Tulangbawang dan Kabupaten Mesuji.

Masing-masing wilayah saat ini sedang menghadapi dua situasi yang berbeda dan sama-sama membutuhkan perhatian khusus. Di wilayah Kabupaten Tulangbawang, yakni di Kampung Badarou Indah, Kecamatan Menggala Timur, saat ini sedang melaksanakan program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) yang ke 105 tahun 2019. Kegiatan ini menuntut peran satuan yang dipegangnya untuk menjadi motor dan pendorong kerja gotong royong yaitu kerja bakti.

Dandim 0426 Tulangbawang Letkol Inf Kohir, saat meninjau lokasi bedah rumah nenek Lasminem (70). Minggu (21/7/2019).

Program TMMD harus dapat dikendalikan dan terkontrol langsung oleh Dandim 0426 Letkol Inf Kohir. Disaat perhatian khusus tertuju ke TMMD, di Kabupaten Mesuji, tepatnya hari Rabu (17/7/2019) telah terjadi bentrokan antara dua kelompok di Kawasan Hutan Register 45 yang merenggut 3 korban jiwa.

Situasi tersebut kehadiran langsung Dandim dituntut perannya dalam menangani konflik sosial. Rentang jarak yang cukup jauh dan memakan waktu hingga 3 jam dari lokasi TMMD ke lokasi konflik, mau tidak mau harus ‘ditelan’ Dandim.

“Saat kejadian bentrok Mesuji, saya sedang berada di lokasi TMMD. Terjadinya bentrok di Kabupaten Mesuji mewajibkan saya harus segera ke lokasi kejadian hingga hari ini,” jelas Dandim kepada cahayalampung.com. Minggu (21/7/2019).

Jauh dari keluarga, sudah dialami Dandim selama dua minggu terakhir. Sebelum seminggu berada di Mesuji, Dandim sudah siaga di lokasi TMMD seminggu sebelumnya.

“Alhamdulillah situasi Mesuji saat ini berlahan-lahan sudah mulai kondusif, saya sudah bisa fokus kembali untuk mensukseskan TMMD. Mudah-mudahan penimbunan jalan dan bedah rumah bisa selesai tepat waktu. Saya juga punya keyakinan dengan kebersamaan TNI, Polri, dan warga yang ikut serta bergotong-royong insya Allah pekerjaan yang berat bisa menjadi ringan,” tutur Dandim. (red).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here