Beranda Lifestyle Bupati Wanita Pertama Tulangbawang Paparkan Lima Sikap yang Membatalkan Puasa

Bupati Wanita Pertama Tulangbawang Paparkan Lima Sikap yang Membatalkan Puasa

449
0
BERBAGI

TULANGBAWAN, (CL) – Safari Ramadan terakhir Bupati Tulangbawang Hj. Winarti, SE, MH minta agar masyarakat yang menjalankan puasa agar memahami Lima hal sikap yang dapat membatalkan puasa, di Kampung Suka Maju, Banjar Margo, Kamis (07/6/2018).

Selain itu Bupati juga membawa oleh-oleh dengan membagikan Sembako kepada masyarakat secara geratis kemudian memberikan bantuan masjid dan bantuan kepada anak yatim.

Hadir dalam acara tersebut Forkopimda pejabat eselon II, III dilingkup pemerintah kabupaten Tulangbawang, ketua DPRD Sopii Azhari, SH, Camat, Ketua PWI Tulangbawang Abdul Rahman, SH, kepala Kampung serta Ratusan masyarakat Suka Maju.

Dalam sambutanya Hj. Winarti, SE, MH juga mengatakan bahwa sikap yang dapat membatalkan puasa ada lima hal yang dapat membatalkan (pahala) puasa seseorang; bohong, menggunjing, adu domba, melihat dengan syahwat, dan sumpah palsu. HR Al-Dailami & Abu Dawud

Pertama, berbohong yakni memberi informasi tidak sesuai dengan kenyataan. Oleh karenanya kita sering mendengar ucapan, “Jangan berbohong, nanti puasamu batal”. Sebenarnya yang dimaksud batal di sini adalah batal pahalanya saja. Adapun puasanya tetap sah.

Kedua, menggunjing/menggosip (ghîbah) yaitu menceritakan keburukan/aib saudara Muslim meskipun itu benar adanya. Dalam riwayat Al-Baihaqi dari Abu al-ʻAliyah dan Al-Dailami dari Abu Hurairah menyatakan bahwa “Orang yang berpuasa masih tercatat beribadah selagi ia tidak me-ghîbah dan mengganggu sesamanya”.

Ketiga, adu domba (namîmah) yakni menyebar isu profokatif untuk memecah belah kedua pihak.

Keempat, memandang dengan syahwat sekiranya merasakan lezat dan sensasi tersendiri saat melihatnya.

Kelima, sumpah palsu yakni suatu sumpah yang berdasar atas kebohongan.

Semoga ibadah puasa kita selalu terjaga dari hal-hal yang dapat menghilangkan pahala dan keberkahan puasa. Mudah-mudahan Allah swt memberikan kita semua kekuatan untuk menjalankan ibadah puasa dengan sebaik-sebaiknya.

Selain itu dia juga menyambut Idul Fitri pihaknya mengucapkan maaf kepada masyakarat, dan diharapkan untuk hadir dalam open House dirumah bupati mendatang. (red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here