Beranda Daerah PWI Tanggamus Gelar Konferkab ke VIII

PWI Tanggamus Gelar Konferkab ke VIII

66
0
BERBAGI

Cahayalampung.com (Tanggamus) – Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Tanggamus menggelar Konferensi Kabupaten (KONFERKAB) ke VIII yang dibuka langsung Bupati Tanggamus Hj Dewi Handajani, Senin (10/10) di Gedung Serba Guna Islamic Center Kotaagung.

KONFERKAB VIII PWI Tanggamus dengan tema ”Tingkatkan Profesionalisme PERS dan Kompetensi Wartawan Menuju Pembangunan Kabupaten Tanggamus” itu dihadiri Ketua PWI Lampung Wirahadikusumah, Ketua PWI Tanggamus M. Irwan, Ketua IKWI Provinsi Lampung. Turut hadir Ketua DPRD Tanggamus, Kajari, Forkopimda Tanggamus, Para Asisten Bupati, Inspektur, Camat, Lura serta Jajaran PKK Tanggamus.

Dalam sambutanya, Ketua PWI Tanggamus M. Irwan mengatakan, selama tiga tahun terakhir PWI Tanggamus sudah melaksanakan sejumlah program pendidikan untuk meningkatkan profesionalisme dan kualitas wartawan yakni dengan mengikutsertakan wartawan Tanggamus untuk Uji Kompetensi Wartawan (UKW) di Provinsi Lampung.

“Alhamdulillah, dengan sejumlah keterbatasan, PWI Tanggamus telah memiliki wartawan Kompeten sebanyak 27 orang,” pungkasnya.

Selain itu, upaya lain untuk meningkatkan profesionalisme dan kualitas wartawan, PWI Tanggamus dalam Hari Pers Nasional setiap tahunnya memberikan Penghargaan kepada Tokoh Masyarakat, Birokrat, Cendikiawan, dan Kepala OPD yang berjasa, serta berperan penting dalam pembangunan Pers di Tanggamus.

Adapun untuk sarana dan prasana, pengurus PWI Tanggamus telah merehab Gedung PWI Tanggamus. Dengan dukungan semua pihak, khususnya Pemerintah Kabupaten Tanggamus.

“Kedepan PWI akan menjadi lembaga yang sehat, dinamis dan memiliki karisma yang besar dan hasilnya dapat dirasakan oleh seluruh anggota PWI Tanggamus,” ucapnya.

Sementara Bupati Hj. Dewi Handajani dalam sambutannya menyampaikan, Pers sebagai pilar keempat, setelah eksekutif, yudikatif dan legislatif, diharap mampu memberikan kontribusi positif bagi kemajuan daerah, termasuk mampu menciptakan pemerintahan yang demokratis.

Menurutnya, keberadaan pers membantu program kerja pemerintah untuk disampaikan kepada masyarakat, baik melalui media cetak maupun media elektronik sehingga dapat diterima dengan cepat oleh masyarakat.

“Selama kebersamaan kita, antara insan pers baik cetak dan elektronik dengan Pemerintah Kabupaten Tanggamus sudah begitu banyak hal-hal baik yang telah kita laksanakan bersama. Sinergitas dan komunikasi diantara kita selama ini tidak pernah terganggu, hal ini ditunjukkan dengan relatif tidak pernah ada polemik dan hal-hal yang mengganggu kenyamanan di dalam hubungan antara kita,” pungkasnya.

Bupati menambahkan, Pemerintah Daerah Kabupaten Tanggamus sebagai mitra dengan PWI Kabupaten Tanggamus, berharap kedepannya PWI tetap komit menyajikan berita yang akurat, tepat dan berimbang, sehingga masyarakat bisa mendapatkan informasi yang benar.

“Pada pelaksanaan Konferkab ke-VIII PWI Tanggamus ini, sejatinya akan memilih Ketua PWI Kabupaten Tanggamus Periode 2022-2025, besar harapan kami agar PWI Kabupaten Tanggamus semakin maju, profesional dan bermartabat,” ucapnya.

Sementara Ketua PWI Lampung Wirahadikusumah dalam sambutannya memberikan apresiasinya kepada PWI Tanggamus yang sudah menjalankan program kerja dengan baik, begitu juga dengan hubungan kerja dengan mitra seperti Pemkab Tanggamus dan lembaga instansi lainnya.

Wirahadikusumah juga mengatakan bahwa peran pers merupakan salah satu pilar demokrasi yaitu selaku kontrol sosial. ”Jadi PWI ini adalah anak kandung dari ibu pertiwi, setelah eksekutif, legislatif dan yudikatif. PWI tentu akan memberikan masukan dan kritik yang sifatnya membangun,” kata Wira sapaan akrab Ketua PWI Lampung. (CL/Halimi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here