Beranda Tulang Bawang Abdul Rohman, Bersama Kakam Sutres Gotong Royong Persiapan Pembangunan Ponpes Tarnasy

Abdul Rohman, Bersama Kakam Sutres Gotong Royong Persiapan Pembangunan Ponpes Tarnasy

381
0
BERBAGI

BANJARMARGO–Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Tulangbawang Abdul Rohman, SH, bersama Kepala Kampung (Kakam) Suka Maju, Sutres dan masyarakat melaksanakan gotong royong persiapan pembangunan Pondok Pesantren (Ponpes) Tarbiyatun Nasyiin (Tarnasy) Tulangbawang, tepatnya di Jalan Saloyo, RT 001 / RW 003 Kampung Suka Maju, Kecamatan Banjar Margo, Jum’at (12-08-2022).

Ponpes Tarnasy Tulangbawang, ini dipimpin oleh Penasehat Mbah Yayi Muhammad Suhud, Pembina Dr (Cand) Ahmad Zainul Hakim Jember, Ketua Yayasan Ustad Asnawi, S.Pd.

Ketua Yayasan Ustad Asnawi, S.Pd, mengatakan, kegiatan gotong royong yang digelar berupa pengumpulan matrial bangunan Ponpes Tarnasy untuk pembangunan aula terlebih dahulu.

“Insyaallah Kamis, tanggal 18 Agustus 2022 akan dilaksanakan peletakan batu pertama Ponpes Tarnasy,” terang Ustad Asnawi.

Lebih lanjut, Ustad Asnawi, mengatakan, dalam Alquran kata gotong royong atau kerja sama berasal dari kata ta’awun, di mana kata dasarnya berasal dari ta’awana-yata’awanu.

Kata ini, jelasnya, memiliki konotasi saling menolong, yang berarti kedua belah pihak secara aktif melakukan pertolongan satu sama lain.

Karakter dasar manusia inilah yang menempatkan dirinya menjadi sebuah keniscayaan, dimana dalam mengarungi dan memenuhi kebutuhan kehidupannya di dunia ia tidak mampu hidup sendiri.

Dalam Alquran Surah Al-Maidah ayat 2, Allah SWT berfirman “Dan tolong-menolonglah kamu dalam (mengerjakan) kebaikan dan takwa, dan jangan tolong-menolonglah dalam berbuat dosa dan pelanggaran. Dan bertakwalah kamu kepada Allah, sesungguhnya Allah amat berat siksa-Nya”.

“Ayat di atas menjelaskan tentang prinsip-prinsip kerja sama atau tolong-menolong. Dengan redaksi perintahnya, Allah menyuruh kerjasama untuk kepentingan kebaikan dan ketakwaan,” terang Ustad Asnawi.

Ditempat yang sama Ketua PWI Abdul Rohman, dengan adanya gotong royong bersama antara masyarakat Kampung Suk Maju ikut berperan turun ke lapangan untuk bergotong royong dalam pembangunan Ponpes Tarnasy.

“Kegiatan ini mendapatkan berkah dan menciptakan rasa persatuan dan kesatuan, menghargai satu sama lain dan mempererat tali persaudaraan. Mudah-mudahan dengan gotong royong ini pembangunan Ponpes Tarnasy bisa cepat selesai dan yang ikut membantu mendapatkan pahala dan keberkahan dari Allah SWT,” ucap Ketua PWI.

Kepala Kampung Suka Maju, Sutres, mengatakan, kerja bakti ini sebagai bentuk kepedulian pihak warga kampung, terhadap pendidikan agama, terutama pondok pesantren untuk para santri.

“Kami lakukan kerja bakti ini secara swadaya, dan hari ini baru tahap awal, untuk mempersiapkan matrial bangunan,” papar Sutres.(red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here