Beranda Daerah RSUD Batin Mangunang Terus Optimalkan Sarpras Untuk Menjadikan Tanggamus Kabupaten Layak Anak

RSUD Batin Mangunang Terus Optimalkan Sarpras Untuk Menjadikan Tanggamus Kabupaten Layak Anak

445
0
BERBAGI

Cahayalampung.com (Tanggamus) – Tim Penilai dari Provinsi Lampung turun langsung ke Tanggamus dalam Rangka Verifikasi Lapangan Kunjungan (VLK) Evaluasi Kabupaten Layak Anak (KLA) Tahun 2022 di Kabupaten Tanggamus.

Rombongan tim Penilai yang diketuai oleh Hendra Jamal, Sekretaris Deputi Bidang Pemenuhan Hak Anak Kementrian Perempuan dan Perlindungan Anak RI, didamping Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Provinsi Lampung Fitrianita Damhuri, S.STP. MSi., Beserta Jajaran.

Rombongan tersebut disambut langsung oleh Bupati Tanggamus Hj. Dewi Handajani, Wakil Bupati AM. Syafi’i, Sekdakab/Ketua Gugus Tugas KLA Hamid Heriansyah Lubis, Staf Ahli Bupati, Para Asisten, Ketua TP PKK Hj. Sri Nilawati Syafi’i, Ketua DWP Ny. Nuraini Lubis, Para OPD terkait, Camat Kotaagung dan Ketua TP PKK Kecamatan, dan Lurah, di Rumah Dinas Bupati Tanggamus, Kecamatan Kotaagung, Selasa (28/6/2022).

Dalam Verifikasi Lapangan Tim Penilai mengunjungi Taman Kota Kotaagung melihat tentang literasi/budaya membaca, dilanjut ke Puskesmas Rawat Jalan Kotaagung, RSUD Batin Mangunang, Dinas Dalduk PP dan KB Tanggamus, dan Isoma di Ratu Kuring Gisting.

Bupati Hj. Dewi Handajani, dalam sambutannya menyampaikan ucapan selamat datang kepada Tim Penilai Evaluator Nasional Kabupaten Layak Anak (KLA) di Tanggamus.

“Selama ini Kami telah melakukan penguatan koordinasi antar OPD dan terus melakukan koordinasi secara rutin terkait upaya pengembangan Kabupaten
Layak Anak, dan saya berkomitmen sebagai kepala daerah saya akan terus melakukan Monitoring dan Evaluasi,” kata Bupati.

Upaya-upaya yang dilakukan oleh Kabupaten Tanggamus dalam mempercepat terwujudnya Kabupaten Layak Anak adalah, “Kami telah membentuk tim Gugus Tugas Kabupaten Layak Anak Kabupaten Tanggamus, yang akan mengevaluasi sudah sampai sejauh mana OPD dan Instansi terkait merencanakan dan melakukan upaya-upaya terhadap pemenuhan hak-hak anak sesuai dengan tugas pokok dan fungsinya,” ujar Bupati.

Selanjutnya, dalam kesempatan ini juga dapat kami sampaikan terkait Inovasi-inovasi yang telah kami laksanakan, kaitannya dengan upaya pemenuhan hak-hak anak di Kabupaten Tanggamus, diantaranya :

1. BUNDA DEWI HARUM (Buat Dokumen Adminduk dengan WA dan Internet hantar di rumah).
2. Pelayanan Berita Asik (Pemberian akta
kelahiran melalui fasilitas kesehatan).
3. Pelayanan Pak Sekda (pelayanan akta kelahiran ke sekolah dasar).
4. Pelayanan Pak Sekda PAUD pelayanan yang
dilaksanakan melalui kerjasama dengan bunda PAUD kecamatan.
5. INOVASI BUMIL CERIA, dengan mengintegrasikan beberapa jenis layanan, diantaranya :
a. Gema Buresti (Gerakan Pemantauan Ibu Hamil Berisiko Tinggi).
b. PAHE (Paket Hemat, sekali periksa Ibu hamil dapat 7 layanan sekaligus).
c. Tas-kuda-nil (Pengentasan kurang darah pada Ibu hamil).
d. Pena-kuda-nil (Penanganan kekurangan energi kronis pada ibu hamil).
e. Pancing Mata Batin (Pencegahan stunting dengan makanan tambahan tinggi protein).
f. Cabe Keriting (Cegah bebaskan anak dari stunting).
g. Posyandu plus dan Kelas Ibu hamil.
h. Berita ASIK (Pemberian adminduk gratis melalui fasilitas kesehatan).
i. Ambulan Desa ASIK.
j. Motor Reaksi Cepat (MRC).
k. 7 Puskesmas Rawat Jalan.
l. 17 Puskesmas Rawat Inap.

Bupati berharap, dengan adanya Verifikasi Lapangan terkait evaluasi Kabupaten Layak Anak ini bisa mendapatkan nilai terbaik dari Kementrian RI dan dirinya optimis meraih penghargaan ke tingkat Madya lebih baik lagi ke Tingkat Utama.

Sementara Hendri Jamal Sekretaris Deputi Bidang Pemenuhan Hak Anak Kementrian Perempuan dan Perlindungan Anak RI, mengatakan, tim penilai turun langsung ke Tanggamus untuk melihat hasil verifikasi administrasi dari audit penilaian mandiri apakah audit verifikasi itu benar-benar sesuai dengan hasil kunjungan. Jadi hasil verifikasi belum tentu sama dengan hasil kunjungan bisa naik bisa turun dan mudah-mudahan bisa naik.

Harapannya kepada Dinas terkait supaya nanti Pemerintah Daerah Kabupaten Tanggamus sampai 2024 bisa meraih predikat yang lebih baik sesuai yang diharapkan oleh ibu Bupati.

Terpisah, Direktur RSUD Batin Mangunang dr. Meri Yosefa menambahkan, “Harapan kita kedepan untuk Kabupaten Tanggamus
yang saat ini sedang berjuang untuk menuju Kabupaten Layak Anak dapat terwujud,” ucapnya.

dr. Meri Yosefa juga menyampaikan pihaknya telah mempersiapkan fasilitas baik sarana dan prasarana di RSUD Batin Mangunang untuk mewujudkan Kabupaten Layak Anak.

“Iya saya selaku Direktur RSUD Batin Mangunang tentunya turut serta dalam mengupayakan agar Pemkab Tanggamus dapat menjadi Kabupaten Layak Anak di sektor Rumah Sakit yang pastinya sudah disiapkan dan dioptimalkan semaksimal mungkin agar mendapatkan yang terbaik pada Verifikasi Lapangan Kunjungan kali ini,” ungkap dr. Meri Yosefa. (CL/ADV/Halimi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here