Beranda Daerah Warga Pekon Tugu Papak Menggelar Tradisi Bersih Desa

Warga Pekon Tugu Papak Menggelar Tradisi Bersih Desa

362
0
BERBAGI

Cahayalampung.com (Tanggamus) – Masyarakat Pekon Tugu Papak, Kecamatan Semaka, Kabupaten Tanggamus menyelenggarakan tradisi Bersih Desa. Berbagai kegiatan dilaksanakan mulai dari mengadakan kenduri, atau bahkan menggelar tradisi jawa seperti pertunjukan seni reog dan tari-tarian tradisional atau campur sari.

“Perangkat Pekon Tugu Papak bersama warga dan Bhabinsa mengadakan ritual bersih desa dan sekaligus memperingati hari jadi pekon yang ke 64 tahun mengirim saji-sajian ziarah makam yang dipercaya sebagai makam sesepuh desa,” ucap Marsono selaku Kepala Pekon Sabtu (11/6/22).

Acara dimulai dari ziarah makam, pembacaan tahlil dengan Qur’an yang diikuti jamaah dari sekitar pekon bersama perangkat pekon dan warga yang berkeyakinan dengan ritual tersebut. Setelah selesai, dilanjut dengan digelar tahlil pembacaan surat yasin dan doa secara bersama-bersama.

Menurut Kepala Pekon Marsono tradisi bersih desa rutin diselenggarakan oleh warga sebagai ungkapan rasa syukur atas rahmat dan hidayat Nya.

“Bersih Desa merupakan slametan atau upacara adat Jawa untuk memberikan Sesaji berasal dari warga untuk menyumbangkan makanan. Bersih Desa atau Pekon dilakukan oleh masyarakat setempat,” ungkapnya.

Tradisi Bersih Desa sebagai upacara adat memiliki makna spiritual di baliknya. Bersih Pekon bertujuan untuk mengungkapkan syukur masyaraakat kepada Allah SWT atas hasil panen yang didapat. Selanjutnya, upacara Bersih Pekon bertujuan untuk memohon perlindungan kepada Allah dari hal-hal negatif dalam kehidupan sehari-hari.

“Tujuan bersih desa adalah untuk memohon berkat selamat dijauhkan dari segala penyakit seluruh warga diberi kesehatan dan menjadikan pekon yang aman, tentram,” terang Marsono.

“Dengan harapan doa tersebut bisa menjauhkan dari bala selama setahun ke depan, khususnya kepada seluruh warga Pekon Tugu Papak,” tutup Marsono. (CL/Halimi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here