Beranda Daerah Tanpa Papan Informasi, Proyek di SMPN 1 Kota Agung Barat Menjadi Pertanyaan

Tanpa Papan Informasi, Proyek di SMPN 1 Kota Agung Barat Menjadi Pertanyaan

202
0
BERBAGI

Cahayalampung.com (Tanggamus) – Pembangunan Proyek Rehabilitasi SMPN 1 Waygelang Kecamatan Kota Agung Barat, Kabupaten Tanggamus, tidak memiliki Papan Informasi atau Plang kegiatan pembangunan.

Seharusnya setiap proyek dipastikan adanya papan informasi atau plang kegiatan agar dapat diketahui semua pihak. Apalagi kegiatan pembangunan tersebut adalah proyek rehabilitasi untuk sekolah yang harus diketahui oleh semua pihak, demi terciptanya Keterbukaannya Informasi Publik.

Jika memang sengaja tidak ingin diketahui masyarakat maka kegiatan proyek tersebut terdapat dugaan telah melakukan pelanggaran karena tidak sesuai dengan amanat Undang-Undang dan peraturan lainnya.

Ketentuan peraturan yang dimaksut yakni, Undang-Undang (UU) Nomor 14 Tahun 2008 tentang keterbukaan informasi publik dan peraturan presiden (Perpres) Nomor 70 Tahun 2012 tentang perubahan kedua atas Perpres Nomor 54 Tahun 2010 tentang pengadaan barang/jasa pemerintahannya.

Saat ditemui awak media, Yusmadewi selaku Kepala Sekolah SMPN 1 Waygelang tidak berkenan memberikan keterangan bahwa proyek Rehabilitasi di sekolahnya tidak ada papan informasi kegiatan pembangunan.

“Saya tidak tahu dan saya tidak tau apa-apa,” singkatnya.

Mustahil jika seorang kepala sekolah yang notabene penanggung jawab seluruh aset dan kegiatan di sekolah tersebut tidak mengetahui adanya pekerjaan proyek yang dilakukan di sekolahnya tersebut.

Patut dicurigai adanya indikasi yang tidak baik ingin dilakukan oleh kepala sekolah dengan mendengar jawaban bahwa dirinya tidak mengetahui proyek di sekolahnya tersebut.

Di tempat berbeda, salah satu tukang di proyek Rehabilitasi SMPN 1 yang berinisial DR mengatakan, “Sebenarnya papan informasi kegiatan proyek ini ada, namun belum dipasang,” ungkap si Tukang. (CL/Halimi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here