Beranda Lifestyle Antisipasi Penyakit DBD, Dinkes Tuba Melakukan Fogging

Antisipasi Penyakit DBD, Dinkes Tuba Melakukan Fogging

140
0
BERBAGI

MENGGALA–Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Tulangbawang (Tuba), Lampung, melalui Puskesmas Kecamatan Menggala melakukan fogging antisipasi penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD) di wilayah kerjanya.

Lantaran musim penghujan penyebab wabah DBD.

“Kami mulai lakukan upaya antisipatif di berbagai kecamatan, contohnya pagi ini kita melakukan fogging di Balai Wartawan Sai Bumi Nengah Nyappur, kantor Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Tulangbawang, dan rumah yang bersebelahan dengan kantor PWI,” kata Kepala Dinas Kesehatan Fatoni kepada cahayalampung.com, Rabu (15/1/2020).

Ia menyebutkan, upaya pencegahan dilalukan melalui fogging dan pengasapan.

“Fogging ini diharapkan mampu memutus siklus hidup nyamuk aedes aegypti yang menjadi pembawa virus DBD,” ucap Fatoni.

Selain itu, lanjutnya, fogging ini juga dilakukan karena ada laporan dari Ketua PWI Tulangbawang Abdul Rohman di sekitar kantor PWI berdekatan dengan kelinik Medical di hawatirkan pasien yang terjangkit DBD bisa menular di sekitaran kantor PWI. Diketahui ada dua pasien yang positif atau didiagnosa mengidap DBD, sehingga virusnya tidak menyebar melalui media nyamuk.

“Upaya lainnya adalah kembali mengaktifkan kader-kader Juru Pemantau Jentik (Jumatik) sehingga walaupun sempat bertelur, jentik nyamuk dapat dibasmi,” pungkas Fatoni.(rhm).

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here