Beranda Lifestyle Mahasiswa KKN UIN Raden Intan Sukses Gelar Festival Wisata Budaya

Mahasiswa KKN UIN Raden Intan Sukses Gelar Festival Wisata Budaya

161
0
BERBAGI

Cahayalampung.com–Jajaran Koordinator kecamatan bersama Mahasiswa KKN Revolusi Mental (RM) Kecamatan Pulau Panggung, Kabupaten Tanggamus sukses mengadakan Festival wisata budaya sekaligus lepas pisah mahasiswa KKN. Rabu (28/8/2019).

Festival wisata budaya yang dihelat dengan tajuk “Pengembangan potensi wisata berbasis cagar budaya sebagai sarana edukasi”, diselenggarakan dihalaman situs megalitik Batu Bedil dengan dihadiri Retno Novia Damayanti selaku Kepala Dinas Pariwisata juga yang mewakili Bupati Kabupaten Tanggamus, Sekretaris kecamatan selaku yang mewakili Camat pulau Panggung, turut hadir pula Irsi Jaya yang merupakan putra terbaik Batu Bedill ilir yang telah terlantik sebagai anggota DPRD Tanggamus.

Dalam sambutanya Eri selaku Ketua pelaksana kegiatan menghaturkan rasa terima kasih atas kehadiran dinas pariwisata yang telah bersedia hadir walupun ibu bupati berhalangan untuk hadir karena ada kegiatan diprovinsi, tak sampai disitu, ia juga mengucapkan beribu rasa terima kasih kepada masyarakat, aparatur pekon yang tidak terlihat perwakilanya sampai aparatur kecamatan yang telah menerima dan bersinergi dengan baik bersama mahasiswa kkn dalam masa pengabdian serta wabil khusus mantan kepala pekon batu bedil bapak sadin yang telah mensuport acara ini.

Ia juga memapar agenda yang dihelat pada hari ini bertujuan dalam aksi nyata dari proses yang panjang dan tahapan yang dilewati selama pengabdian, seperti observasi bersama Pj pekon Batu Bedil dan Pj Pekon Gunung Meraksa bapak Ahmadi, pendampingan bersama UPT Batu Bedil dan terakhir hasil observasi, kami sarankan kepihak jajaran koordinator kecamatan hingga tercetus Festival Wisata Budaya dengan harapan kedepanya dapat dijadikan event wisata edukasi tahunan dengan mekanisme kerjasama antara Dinas Pariwisata dan Pendidikan.

Sambungnya ia berharap ke dinas pendidikan kabupaten tanggamus untuk tidak sekedar memberikan adik-adik sekolah dasar sampai sekolah menengah pertama pelajaran sejarah kehidupan purbakala hanya sebatas teori saja, melainkan langsung dengan memanfaatkan cagar budaya batu bedil yang saya anggap lengkap, dengan ini kami berharap bupati tanggamus dapat menindak lanjuti dengan memprogramkan wisata budaya demi melengkapkan program pengembangan pariwisata yang ada ditanggamus.

Ridho Gusti selaku koordinator kecamatan mahasiswa kkn dalam sambutanya juga menyatakan hal demikian, “Harapakan kami kedepanya apa yang kami laksanakan aksi nyata ini bisa menjadi dorongan dan saran kepada pemerintah daerah agar dapat diteruskan kedepanya walaupun pengabdian kami akan berakhir pada tanggal 30 agustus ini dan saya ucapkan terima kasih dukungan moril Bupati Tanggamus dan jajaranya yang kebetulan diwakili Kadis Pariwisata, yang telah hadir dalam agenda yang kami selenggaran secara swadaya dan sederhana ini,” Katanya.

Menanggapi hal tersebut Retno selaku kepala dinas pariwisata dalam sambutanya sangat mengapresiasi aksi nyata dan inovasi mahasiswa kkn uin raden intan, karena menurutnya hal ini sangat sejalan dengan program bupati dalam pengembangan potensi pariwisata dalam wujud peningkatan taraf hidup masyarakat tanggamus namun dibutuhkan juga monitoring, ia juga membacakan titip pesan dari bupati kepada mahasiswa kkn.

“Adik-adik mahasiswa kkn uin raden intan, inovasi ini sangat membantu dalam program pariwisata yang terus dikembangkan oleh pemerintah kabupaten tanggamus. Oleh karenanya apresiasi yang tinggi dari pemerintah kabupaten tanggamus atas terselenggaranya Festival Pariwisata Budaya dengan tema Pengembangan potensi pariwisata budaya dan pelestarian cagar budaya batu bedil sebagai sarana edukasi yang diselenggarakan mahasiwa kkn uin raden intan lampung secara resmi saya nyatakan dibuka dibuka, semoga Allah Swt memberikan rahmat atas apa yang kita kerjakan, terima kasih bupati tanggamus Hj. Dewi Handayani ditanda tangani sekian terima kasih,” ucapnya.

Setelah membacakan sambutan bupati kadis pariwisata dan jajaran pamit undur diri dan tidak bisa mengikuti agenda sampai selesai dikarena ada agenda rapat yang sudah menunggu.(red).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here