Beranda Lifestyle Dandim 0426 dan Kepala BPTP Lampung Tinjau Kondisi Sawah di Tulangbawang

Dandim 0426 dan Kepala BPTP Lampung Tinjau Kondisi Sawah di Tulangbawang

55
0
BERBAGI

Cahayalampung.com–Komandan Kodim 0426 Tulang Bawang Letkol Inf Kohir dan Kepala Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Provinsi Lampung Dr. Ir. Arivin Rivaie, MSc melakukan peninjauan lokasi sawah yang berlokasi di Kampung Bangun Rejo, kecamatan Merasa Aji yang luasnya sekitar 50 Hektar dan lokasi perluasan sawah yang dibuat tahun 2016 seluas 111 Ha di Kampung Kecubung Raya. Selasa (27/08/2019).

Dalam peninjauan tersebut juga didampingi Kabid Tanaman Pangan Dinas Pertanian Kabupaten Tulang Bawang Endang Son, Batibung Kec. Gedung Aji Serka Susilo dan Babinsa setempat Serda Muji. Di lokasi disambut oleh Ketua Gapoktan Kp. Kecubung Raya Sai’in Tohir dan para petani Kp. Bangun Rejo.

Dalam penilaiannya Kepala BPTP dan Dandim 0426 melakukan tanya jawab untuk menyerap aspirasi para petani terkait kesulitan yang dihadapi dengan adanya musim kemarau.

Adapun kendala yang di alami petani saat ini antara lain kurangnya alsintan berupa pompa air dan alat mesin panen atau treser. Dangkalnya saluran air dari sungai Pidada ke sawah atau lahan sehingga di butuhkan optimalisasi lahan juga menjadi salah satu pembahasan saat peninjauan. Disamping itu tanggul pembatas sungai Pidada yang saat ini jebol diperlukan perbaikan serta kurangnya pintu air sehingga perlu dilakukan penambahan pintu air tersebut.

Menurut Dandim 0426 bahwa peninjauan yang dilakukannya merupakan bagian dari kegiatan pendampingan TNI khususnya Kodim 0426 kepada Dinas Pertanian serta para petani dalam rangka optimalisasi hasil pertanian.

“Peninjauan ini adalah bagian dari kegiatan pendampingan yang selama ini sudah berjalan, serta kerjasama antara TNI khususnya Kodim 0426 dengan Dinas Pertanian dalam rangka optimalisasi hasil pertanian di Kabupaten Tulangbawang,” pungkas Kohir.

Hasil peninjauan nantinya akan menjadi bahan rapat yang dalam waktu dekat akan digelar oleh Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Lampung. (red).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here