Beranda Lifestyle Aster Kasdam II Sriwijaya : Dandim 0426 Berkoordinasi Dengan Bupati Pembuatan Turap

Aster Kasdam II Sriwijaya : Dandim 0426 Berkoordinasi Dengan Bupati Pembuatan Turap

155
0
BERBAGI

Cahayalampung.com–Dalam peninjauan lokasi TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-105, di Kampung Bendarou Indah, Kecamatan Menggala Timur, Kabupaten Tulangbawang, Lampung. Aster Kasdam II/ Sriwijaya Kolonel Rionardo minta Dandim agar berkoordinasi dengan Bupati Hj. Winarti SE MH untuk pembuatan turap.

Setelah tinjau lokasi TMMD Kolonel Rionardo menyimpulkan penimbunan jalan ini sudah baik, tapi alangkah lebih baiknya jika pengerjaan ini tidak sia-sia harus dilanjutkan kembali dengan membangun Turap.

“Saya minta Dandim agar berkoordinasi dengan Bupati Tulangbawang, untuk pembuatan turap,” pintanya. Senin (15/7/2019)

Kolonel Rionardo menyampaikan beberapa arahan diantaranya perlu adanya pembuatan turap untuk menghindari terjadinya longsor akibat air hujan.

“Perlu diantisipasi longsor karena hujan, bisa dilanjutkan dengan pembuatan turap,” ujar Rionardo

Dijelaskannya Turap adalah dinding vertical yang relative tipis yang berfungsi untuk menahan tanah, juga untuk menahan masuknya air ke dalam lubang galian. Karena pemasangan yang mudah dan biaya yang murah, turap banyak digunakan pada pekerjaan-pekerjaan seperti, penahan tebing galian sementara, penahan longsor, stabilitas lereng, bangunan-bangunan pelabuhan, bendungan serta bangunan lainnya.

“Dinding turap tidak cocok untuk menahan tanah timbunan yang tinggi karena akan memerlukan luas tampang bahan turap yang besar. Selain itu, dinding turap juga tidak cocok digunakan pada tanah yang mengandung banyak batuan-batuan, karena menyulitkan pemancangan,” paparnya.

Dalam tinjauannya ke lokasi TMMD, Asisten Teritorial Kasdam II/Sriwijaya, Kolonel Inf Rionardo yang didampingi beberpa pejabat TNI lainnya yakni Waaster Kasdam II/Sriwijaya Letkol Inf Depok dan Kasiter Korem 043/Gatam Letkol Inf Sahnun. Sementara di lokasi TMMD juga tampak hadir Camat Menggala Timur, Akhmad Rozi, Kapolsek Menggala Iptu Julkifli dan Pj. Kepala Kampung Bedarou Indah Junaidi.(red).

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here