Beranda Nasional Penuhi Hak Pendidikan Dasar, Rutan Kelas I Bandung Berkoordinasi dengan UPT Satdik...

Penuhi Hak Pendidikan Dasar, Rutan Kelas I Bandung Berkoordinasi dengan UPT Satdik SKB Kota Bandung dan DISPUSIPDA Jabar

77
0
BERBAGI

Cahayalampung.com (Bandung) – Hari ini (8/12/22) Rutan Kelas I Bandung telah melaksanakan kunjungan ke UPT Satdik SKB Kota Bandung, kunjungan Kepala Rutan yang didelegasikan kepada Boy Naldo selaku Kepala Subseksi BHP Rutan Kelas I Bandung ini sebagai bentuk komitmen Rutan untuk memenuhi hak pendidikan dasar yang dimiliki oleh seluruh warga negara tanpa terkecuali para Narapidana yang sedang menjalani masa pidana di Rutan Kelas I Bandung.

Kunjungan ini diterima dengan baik oleh Budi S.Pd.,M.M. selaku Plt. Kepala UPTD Satdik PAUD dan Dikmas SKB Kota Bandung. Budi menyampaikan, “Kami sangat menghargai upaya yang dilakukan oleh Rutan I Bandung dalam memperhatikan hak pendidikan warganya, semoga upaya ini dapat diikuti oleh Rutan/Lapas lainnya sehingga wajib belajar 9 tahun bagi seluruh masyarakat Indonesia seperti yang tertuang dalam PP Nomor 47 Tahun 2008 dapat terpenuhi,” ujarnya.

Koordinasi ini dilakukan dengan tujuan agar kerjasama yang telah terjalin antara Rutan Kelas I Bandung dan SKB Kota Bandung dapat dilaksanakan lebih optimal lagi, sehingga semakin banyak warga binaan putus sekolah yang mendapatkan pendidikan penyetaraan dan mendapatkan ijazah. Ijazah ini kedepannya bisa digunakan oleh warga binaan ketika selesai menjalani masa pidana untuk bekerja dan merubah nasibnya agar tidak terjerumus kembali melakukan tindakan pidana.

Seperti yang diutarakan oleh Suparman selaku Kepala Rutan Kelas I Bandung, “Esensi dari pembinaan ini kan jelas, merubah perilaku mereka supaya mengurangi tingkat residivisme. Semoga saja dengan kerja sama ini dapat bermanfaat bagi warga binaan untuk merubah nasibnya di kemudian hari,” harapnya.

Selain berkoordinasi dengan SKB Kota Bandung, pada hari yang sama Rutan Kelas I Bandung juga mengunjungi DISPUSIPDA Jabar yang berlokasi di Jl. Kawaluyaan Indah Kota Bandung.

Kunjungan ini dilakukan dengan maksud melakukan koordinasi untuk memperkuat semangat literasi yang dimiliki oleh warga binaan. Dari koordinasi ini dihasilkan beberapa usulan agar dapat dilakukan kegiatan-kegiatan yang dapat meningkatkan minat baca seperti menghadirkan mobil perpustakaan keliling dan pembaharuan buku-buku agar lebih memacu semangat literasi warga binaan.

Koordinasi yang dilakukan oleh Rutan Kelas I Bandung hari ini semata-mata demi meningkatkan kualitas pembinaan intelektual kepada seluruh warga binaan agar dapat diterima kembali menjadi anggota masyarakat. (CL/Halimi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here