Beranda Daerah Rugan Kelas II B Menggala Gelar Razia

Rugan Kelas II B Menggala Gelar Razia

25
0
BERBAGI

Cahayalampung.com (Tulang Bawang) – Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas II B Menggala, menggelar razia, penggeledahan blok hunian para Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP), bersama jajaran TNI dan Polri dalam rangka peringatan Hari Bhakti Pemasyarakatan Ke 58 tahun 2022, Kamis (21-04).

Kepala Rutan Kelas II B Menggala, Gowim Mahali, kegiatan pada sore hari ini adalah razia bersama di seluruh Unit Pelaksana Teknis (UPT) pemasyarakatan se Lampung sinergi antara Pemasyarakatan, TNI, Polri dan BNN.

“Kegiatan razia ini serentak dilaksanakan di Lapas dan Rutan wilayah Lampung, dan juga dilaksanakan serentak di seluruh Indonesia. Kegiatan ini merupakan rangkaian kegiatan dalam rangka peringatan Hari Bhakti Pemasyarakatan ke-58 dan menjadi sebuah momentum penting bagi jajaran pemasyarakatan untuk semakin mengukuhkan komitmennya dalam mencapai tujuan,” jelas Gowim sapaan akrab Kepala Rutan Kelas II B Menggala.

Gowim menjelaskan, Pemasyarakatan melalui tiga kunci maju +1 yaitu deteksi dini Kemanan, Ketertiban, Berantas Narkoba, Sinegritas dengan aparat penegak hukum dan back to basic. Dapat kami informasikan bahwa di wilayah Lampung terdapat 23 UPT pemasyarakatan yang terdiri dari Lapas berjumlah 10 UPT, Rutan berjumlah 6 UPT, Bapas berjumlah 4 UPT, dan Rupbasan berjumlah 3 UPT. Keseluruhan jumlah penghuni Lapas dan Rutan di Lampung terhitumg pada hari ini, Kamis 21 April 2022 berjumlah 8.871 orang.

“Perbandingan jumlah petugas pemasyarakatan seluruh Lampung dengan penghuni (Warga Binaan Pemasyarakatan) masih jauh dari rasio ideal pengamanan, Namun demikian Alhamdulillah di seluruh wilayah Lampung sinegritas aparatur penegak hukum nya sangat baik, sehingga dapat terlihat disini bahwa beragam kegiatan yang diselenggarakan oleh Lapas maupun Rutan selalu di bantu, di backup oleh aparatur yang lain. Bahkan menjadi kegiatan rutin TNI dan Polri juga telah menetapkan Lapas dan Rutan sebagai titik sambang kontrol pengamanan wilayah,” ungkap Gowim.

Lanjut Gowim, pada pelaksanaan razia sore hari ini di Rutan Menggala sendiri diterjunkan Satuan Operasional Kepatuhan Internal Pemasyarakatan (SATOPSPATNAL) berjumlah 44 Petugas Rutan Menggala dan di bantu oleh Personil Polsek Menggala berjumlah 5 orang, Personil Koramil 426-02 berjumlah 2 orang, Sehinggal total Personil yang terlibat berjumlah 51 orang.

“Sasaran seluruh blok hunian berjumlah 3 blok dengan jumlah keseluruhan warga binaan 370 orang terhitung pada hari ini Kamis 21 April 2022. Tujuan kegiatan razia ini menciptakan Rutan Menggala dan Lapas Rutan sewilayah Lampung bebas dari barang-barang terlarang (HP, Sajam, dan Narkoba). Keseluruhan hasil razia ini akan di laporkan kepada Direktur Jendral pemasyarakatan, dan selanjutnya dimusnahkan dengan berita acara pemusnahan,” papar Gowim. (CL/Deri)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here