Beranda Daerah Peringati Bulan Bahasa dan Hari Pahlawan SMAN 1 Semaka Gelar Berbagai Perlombaan

Peringati Bulan Bahasa dan Hari Pahlawan SMAN 1 Semaka Gelar Berbagai Perlombaan

217
0
BERBAGI

Cahayalampung.com (Tanggamus) – Dalam memperingati Bulan Bahasa dan Hari Pahlawan (Sekolah Menengah Atas Negeri) SMAN 1 Semaka, Kabupaten Tanggamus mengadakan berbagai perlombaan yang diadakan di sekolah, pada hari Rabu (17/11/2021).

Walaupun digelar di tengah Pandemi Covid-19 ini, siswa/siswi SMAN 1 Semaka penuh semangat mengikuti lomba secara terbatas dan tetap menerapkan protokol kesehatan (prokes) secara ketat, untuk menekan pertumbuhan covid 19.

Seperti disampaikan Kepala Sekolah SMAN 1 Semaka Sumarno, S.Pd. mengucapkan selamat merayakan Bulan Bahasa SMA Negeri 1 Semaka sekaligus Hari Sumpah Pemuda yang merupakan tonggak berdirinya Bahasa Indonesia. Perkembangan bahasa Melayu di wilayah Nusantara memengaruhi dan mendorong tumbuhnya rasa persaudaraan dan persatuan bangsa Indonesia.

“Komunikasi antar perkumpulan yang bangkit pada masa itu mengangangkat bahasa Melayu menjadi bahasa Indonesia, yang menjadi bahasa persatuan untuk seluruh bangsa Indonesia, mulai saat itulah bulan Oktober dijadikan sebagai bulan bahasa,” kata Sumarno, (17/11/2021).

Lanjutnya, setiap bulan Oktober para siswa selalu merayakannya dengan cara mengadakan perlombaan-perlombaan yang berkenaan dengan bidang kebahasaan dan kesastraan.

“Seperti slogan kantor bahasa yang berbunyi “Utamakan Bahasa Indonesia, Kuasai Bahasa Asing, Budayakan Bahasa Daerah, dan Cintai Sastra,” jelasnya

Masih kata dia, Lomba dilaksanakan pada tanggal 10 November 2021 yang lalu dengan mengambil tema “Bahasa sebagai Asa Indonesia Sehat”. Apapun perlombaannya meliputi, lomba membaca puisi, lomba cipta puisi, lomba solosong, lomba cipta cerpen, lomba stand up comedy, dan lomba melukis poster.

“Melalui perlombaan ini para siswa diajarkan untuk tetap menjaga kesehatannya melalui perlombaan yang tetap mengedepankan prokes ketat,” ungkapnya.

Kegiatan ini bermanfaat untuk melatih peserta didik mengembangkan kemampuan berbahasa dan bersastra dan tetap mengutamakan bahasa Indonesia, kuasai bahasa Asing, lestarikan bahasa daerah, dan cintai sastra. (CL/Halimi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here