Beranda Daerah Guru dan Kepsek Kecamatan Menggala Ikuti KKG Bahas AKM

Guru dan Kepsek Kecamatan Menggala Ikuti KKG Bahas AKM

43
0
BERBAGI

Cahayalampung.com (Tulang Bawang) – Sebanyak 28 peserta terdiri dari 20 Guru dan 8 Kepala Sekolah (Kepsek) mengikuti kegiatan Kelompok Kerja Guru (KKG) yang difasilitasi oleh Kelompok Kerja Kepala Sekolah (K3S) Kecamatan Menggala dalam rangka peningkatan mutu Guru Sekolah Dasar (SD) di wilayah Kecamatan Menggala, Kabupaten Tulangbawang.

Pembahasan Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) dalam rangka meningkatkan mutu guru SD wilayah Kecamatan Menggala Kelompok Kerja Guru (KKG) Gugus 1 Tahun 2020-2021 ini berlangsung selama 3 hari, sejak Kamis, (10/06/2021) hingga Sabtu, (11/06/2021), yang dilaksanakan di Sekolah Dasar Negeri (SDN) 01 Menggala Kota.

Salah satu Kepala Sekolah yang mengikuti kegiatan ini Ibu Yulida, S.Pd., merupakan selaku penyelenggara acara tersebut.

Susi Anggoro Kasih, M.Si.,M.Pd. sebagai narasumber, yang juga sebagai Pengawas SMP, menjelaskan bahwa kegiatan KKG Gugus 1 dengan pembahasan materi sosialisasi (AKM) adalah kompetensi yang benar-benar minimum, dimana melalui AKM bisa memetakan Sekolah-sekolah di Daerah berdasarkan kompetensi minimum yang harus dipersiapkan.

AKM menyajikan masalah-masalah dengan beragam konteks yang diharapkan mampu diselesaikan oleh murid menggunakan kompetensi literasi membaca dan numerasi yang dimilikinya.

“Diterapkannya kebijakan ini merupakan penanda perubahan paradigma evaluasi pendidikan dan peningkatan sistem evaluasi pendidikan. Tujuan utamanya mendorong perbaikan mutu pembelajaran dan hasil belajar peserta didik,” ujar Susi Anggoro Kasih.

Disisi lain, Ketua K3S Kecamatan Menggala Mardalena menuturkan, bahwa kegiatan KKG bisa aktif kembali dalam meningkatkan mutu guru sebagai pendidik dan termotivasi untuk selalu berinovasi di sekolahnya sehingga ke depannya sekolah tidak tertinggal informasi dari Sekolah lain, sehingga mutu pendidikan di Sekolahnya meningkat.

Untuk itu, kedepan bukan saja sosialisasi AKM yang diadakan, tetapi kegiatan-kegiatan lain yang berhubungan dengan tugas guru misalnya dalam pembuatan RPP sampai dipenilaian selama masa Pandemi Covid-19 hingga dipembuatan proyek dalam pembelajaran dan pemanfaat TIK juga, agar para guru SD di Kecamatan Menggala ini tidak Gagap Teknologi (Gaptek) dengan IT karena tidak mau belajar.

“Semoga setelah dilaksanakannya sosialisasi ini pihak sekolah paham apa saja yang harus dipersiapkan oleh sekolah dan guru, agar AKM ini bisa terselenggara dengan sukses, dan sesuai arahan Pemerintah, maka dari sekarang orang tua dan siswa sudah dapat diberikan informasi yang jelas tentang AKM,” papar Ketua K3S Kecamatan Menggala, Mardalena. (CL/Deri)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here