Beranda Parlemen Ririn Kuswantari Sosialisasi Pembinaan Ideologi Pancasila di Pekon Wonosari

Ririn Kuswantari Sosialisasi Pembinaan Ideologi Pancasila di Pekon Wonosari

44
0
BERBAGI

Cahayalampung.com – Wakil Ketua DPRD Provinsi Lampung Ririn Kuswantari, SS.os, MH, sosialisasi Pembinaan Ideologi Pancasila dan Wawasan Kebangsaan di Pekon Wonosari Kecamatan Gadingrejo Pringsewu. Minggu (30/5/2021).

Dalam sosialisasi ini dihadirkan dua narasumber yakni, Ketua DPRD Kabupaten Pringsewu Suherman SE, dan dari Kesbangpol Pringsewu Paryono, S.Sos.

Dalam paparannya, anggota DPRD Lampung dari Partai Golkar ini mengatakan, Pancasila sebagai ideologi adalah sumber haluan yang menjadi arah, pedoman  bagi setiap penyelenggara negara dan masyarakat dalam menjalankan pembangunan Indonesia.

Pengamalan sila-sila Pancasila adalah suatu nilai yang hakiki dan harus menjadi pedoman hidup rakyat Indonesia.

Sedangkan Wawasan Kebangsaan mengutamakan persatuan dan kesatuan bangsa. Masyarakat agar selalu bersatu untuk menjaga kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

“Wawasan Kebangsaan harus kita tanamkan ke jiwa kita sebagai alat untuk menjaga kedaulatan NKRI. Dengan empat pilar kebangsaan yakni; Pancasila, UUD 45, Bhineka Tunggal Ika dan NKRI itulah yang menjadi pemersatu bangsa dan modal kuat untuk membangun bangsa ini,” ujar Ririn.

Anggota DPRD Lampung Daerah Pemilihan Kabupaten Pringsewu, Pesawaran dan Kota Metro ini mengajak masyarakat Pringsewu, agar terus menjaga dan melestarikan Pancasila. Memahami wawasan kebangsaan, sehingga memperluas cakrawala berpikir dan bertindak yang sesuai dengan karakteristik bangsa.

Ririn mengharapkan peserta sosialisasi Ideologi Pancasila dan Wawasan Kebangsaan ini menjadi garda terdepan untuk menciptakan rasa aman dan nyaman, sesudi dengan tujuan Pembangunan Nasional melindungi Segenap Bangsa Indonesia dan seluruh Tumpah Darah Indonesia.

“Kegiatan Sosialisasi Pembinaan Ideologi Pancasila dan wawasan kebangsaan ini sangat di perlukan di dalam kehidupan bermasyarakat dan 4 Pilar ini perlu di sosialisasikan . Apa itu 4 Pilar yakni Pancasila,UUD 45, Bhineka Tunggal Ika dan NKRI,” terangnya.

Sementara itu, Ketua DPRD Pringsewu Suherman menyampaikan, sebagai anggota DPRD Pringsewu ia juga termasuk menjadi Garda terdepan di dalam Mensosialisaikan Ideologi Pancasila dan Wawasan Kebangsaan ini.

“Rasa aman itu sangat penting yang dilandasi oleh wawasan kebangsaan yang kuat. Makanya saya berharap kepada peserta dalam kegiatan ini bisa memahami 4 Pilar dan paham Pancasila,” ujar Suherman.

Kepada seluruh masyarakat Pringsewu, Suherman mengajak untuk berjalan dan memegang teguh Empat Pilar dan Ideologi Pancasila dan semboyan Bhineka Tunggal Ika.

“Mari kita Pahami Empat Pilar dan pegang kokoh untuk membangun Pringsewu yang lebih maju,” Pungkas Ketua DPRD Pringsewu dari Partai Golkar ini.

Sosialisasi Ideologi Pancasila ini dihadiri Kanit Intel Polres Pringsewu, Bhabinsa, Bhabinkamtibmas, tokoh masyarakat, agama dan tokoh pemuda. (CL/AYU)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here