Beranda Daerah Pemkab Lambar Lakukan Panen Perdana Pangan Mandiri

Pemkab Lambar Lakukan Panen Perdana Pangan Mandiri

88
0
BERBAGI

Cahayalampung.com (Lampung Barat) – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lampung Barat melakukan panen perdana pangan mandiri di perkebunan lingkup Pemkab setempat yang dipimpin langsung Sekretaris Daerah (Sekda) Akmal Abd. Nasir SH, mewakili Bupati Lampung Barat Hi. Parosil Mabsus.

Kegiatan ini turut diikuti Assisten ll Bidang Perekonomian dan Pembangunan Wasino Sembiring, Assisten lll Bidang Administrasi Umum Ismet Inoni, Staf Ahli Mulyono, Saripan Halim, Kepala Dinas Perkebunan dan Peternakan Nata Djudin Amran, Kepala Dinas Pertanian dan Holtikultura Rusdi, Kepala Dinas Ketahanan Pangan Ruspan anwar, Kepala Kesatuan Bangsa dan Politik Muzakar, Senin (24/05/ 2021).

Dalam panen perdana tersebut, Sekda beserta jajarannya itu memanen kacang tanah dan jagung.

Pelaksanaan Program Pangan Mandri tersebut sesuai instruksi Bupati Lampung Barat Hi. Prosil Mabsus melalui Surat Edaran Nomor: 060/331/III.9/2020 Tentang Himbauan Pelaksanaan Program Pangan Mandiri (PM) untuk mendukung penyediaan pangan di masa terjadinya penyebaran corona virus disease (Covid-19).

Dalam program PM tersebut, Bupati Lambar Hi. Parosil Mabsus yang diwakili Sekda Akmal Abd. Nasir SH menyatakan, bahwa pemerintah dan rakyat sebagai fondasi terciptanya ketahanan pangan rumah tangga, tersedianya keragaman pangan alternatif rakyat berbasiskan pangan lokal, juga terciptanya lumbung pangan rakyat dalam mewujudkan ketahanan pangan di tengah pandemi Covid-19. Sehingga dari panen perdana tersebut, selain dalam rangka ketahanan pangan di masa pandemi covid-19, juga sebagai langkah dalam menyediakan keragaman pangan lokal.

“Dari panen perdana ini selain dalam rangka ketahanan pangan Lampung Barat di masa pandemi Covid-19, juga untuk menyediakan keragaman pangan lokal yang gunanya nanti akan di salurkan kepada masyarakat Lambar yang membutuhkan,” singkatnya.

Diketahui program Pangan Mandiri itu sudah dilaksanakan di 15 Kecamatan yang ada di Lampung Barat dan sebagian dari kecamatan-kecamatan tersebut sudah mulai mulai memanen hasil tanaman Pangan Mandiri tersebut.

Sekda Lambar berharap dengan kegiatan yang dicanangkan dan sudah dilakukan oleh Pemerintah terkait program Pangan Mandiri, dapat memicu masyarakat untuk ikut memanfaatkan lahan kosong yang berada di lingkungannya masing-maaing untuk ditanami tanaman Pangan Mandiri di tengah wabah pandemi Covid-19. (CL/Red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here