Beranda Lifestyle Mantap !!! Polres Tuba Pilih Kampung Tritunggaljaya Jadi KTL

Mantap !!! Polres Tuba Pilih Kampung Tritunggaljaya Jadi KTL

108
0
BERBAGI

TULANG BAWANG – Pemerintahan Kampung Tritunggaljaya, Kecamatan Banjaragung, Kabupaten Tulangbawang dan elemen masyarakat mengaku bangga dan bersyukur, telah dipilih oleh Polres Tulangbawang, dijadikan Kawasan Tertib Lalulintas (KTL) dan pilot projek KTL.

Kepala Kampung Tritunggaljaya, Nuryanto mengatakan, segenap unsur pemerintahan kampung dan seluruh elemen masyarakat mengapresiasi dan mendukung penuh program KTL yang digalakkan oleh Polri.

“Pemerintahan kampung akan berupaya semaksimal mungkin untuk mendukung dan mensukseskan program KTL dari Polri. Ini adalah hal positif yang patut untuk disukseskan,”ujar Nuryanto.

Ia menambahkan, penunjukan menjadi pilot projek KTL merupakan sebuah penghargaan besar yang patut untuk disyukuri. Berkomitmen untuk dapat mengemban dan melaksanakan program KTL secara baik dan maksimal.

“Tentunya ini menjadi tanggungjawab bersama. Peran aktif seluruh komponen masyarakat menjadi kunci utama guna mensukseskan dan mewujudkan harapan Polri dalam merawat dan mengelola KTL,”ujarnya.

Sementara itu, Polres dan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tulangbawang, sangat optimis dapat meraih juara dalam penilaian kampung tertib lalulintas, yang dihelat oleh Polda Lampung. Penilaian kampung tertib lalulintas dilakukan Kamis (12/3/2020) pagi tadi.

Keyakinan untuk menjadi juara, tidak hanya diucapkan dalam lisan saja. Tetapi, dibuktikan dengan aksi nyata dan giat nyata, yang dilakukan oleh pihak Polres dan Pemkab Tulangbawang, dalam mempersiapkan diri dan menyempurnakan kebutuhan penunjang dalam penilaian kampung tertib lalulintas.

Tim Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Lampung melakukan penilaian Program Kampung Tertib Lalu Lintas milik Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Tulang Bawang. Seluruh elemen masyarakat Tulangbawang berharap menjadi juara dalam penilaian tersebut.

Kapolres Tulang Bawang AKBP Andy Siswantoro, SIK yang hadir dalam kegiatan tersebut mengatakan, Tim penilai yang datang untuk melakukan penilaian Program Kampung Tertib Lalu Lintas hari ini adalah Tim III dari Ditlantas Polda Lampung.

“Ketua Tim Kasi Audit dan Inspeksi Kompol Hapran yang beranggotakan Kanit Dikmas Subditkamsel Iptu Fony Salimubun, Pamin IV Subbag Renmin Penata III C Sutomo, Subditkamsel Bripka Triska Adi Saputra dan Dinas Perhubungan Pembina IV A Adi Prasetyo,” ujar AKBP Andy.

Dalam sambutannya, Andi mengatakan, launching kampung tertib lalulintas nantinya akan diselenggarakan disemua kampung yang ada di Kabupaten Tulangbawang dan pelaksanaannya dilakukan secara bertahap.

“Kampung Tri Tunggal Jaya ini merupakan pilot project untuk Kampung Tertib Lalu Lintas, selain sebagai sarana untuk mensosialisasikan peraturan lalu lintas juga bisa untuk kamtibmas yang lainnya. Saya juga mengucapkan terima kasih kepada Kepala Kampung dan Pemerintah Daerah serta semua stakeholder yang telah membantu mensukseskan Program Kampung Tertib Lalu Lintas,” ucapnya.

Kasat Lantas Iptu Ipran, mengatakan, ada 10 item yang menjadi sasaran penilaian untuk Program Kampung Tertib Lalu Lintas yang dilakukan oleh Tim III dari Ditlantas Polda Lampung.

Pertama, rambu-rambu lalu lintas.Kedua, jalur aman pejalan kaki dan sepeda.Ketiga, penerangan jalan.
Keempat, sarana dan prasarana jalan.
Kelima, aturan yang disepakati warga pemukiman.

Kriteria keeanam yakni pemasangan spanduk, baliho dan pembuatan mural tentang keselamatan. Ketujuh, pengangkatan dan penunjukan warga pemukiman sebagai penghubung dan penanggung jawab program.Kedelapan, pelaksanaan sosialisasi secara berkelanjutan.

‘Kesembilan, tersedia ruang publik terbuka ramah anak, taman lalu lintas mini.Kesepuluh, keterlibatan warga dalam mewujudkan Kampung Tertib Lalu Lintas,”jelas Ipran.

Asisten I Pemkab Tulangbawang Ahmad Suharyo mewakili Bupati Winarti mengapresiasi atas terselenggaranya kampung tertib lalulintas yang digalakkan oleh Kapolri dan Kapolda Lampung.

Menurutnya, kegiatan semacam ini sangat positif dan patut untuk didukung oleh semua pihak. Dan Pemkab Tulangbawang mendorong dan mensuport sesuai dengan batas dan kapasitasnya.

“Saya yakin. Kita semua optimis. Polres dan Pemkab Tulangbawang dapat meraih juara. Hal ini bisa dilihat dari segi persiapan dan kesiapan serta sarana dan prasarana penunjang yang dibutuhkan telah dilengkapi dengan baik. Ini adalah signal bahwa kita bisa jadi juara,”kata Suharyo.

Tampak hadir dalam kegiatan ini, Asisten I Kabupaten Tulangbawang, Tim Penilai dari Ditlantas Polda Lampung, Kapolres Tulangbawang, Kajari Menggala, Ketua DPRD Tulangbawang, Kasat Lantas, Perwakilan dari Kodim 0426, Kadis Perhubungan, Kasat Pol PP, kepala kampung, masyarakat dan tamu undangan.

Dari pantauan dilokasi, semarak persiapan dan penyambutan tim penilai sangat meriah. Disana sini tampak alat peraga dan spanduk tentang materi tertib lalulintas terpasang rapih dan indah. Edukasi kampung tertib lalulintas menjadi sorotan positif ditengah – tengah masyarakat. (SBP)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here