Beranda Lifestyle Kades Drs. Marpian : Bangga Bisa Membangun Desa Bumi Raya

Kades Drs. Marpian : Bangga Bisa Membangun Desa Bumi Raya

195
0
BERBAGI

Cahaualampung.com–Desa Bumi Raya, Kecamatan Abung Selatan, Kabupaten Lampung Utara Pada Tahun 2019, mendapatkan bantuan dana yang bersumber dari pemerintah daerah yang di sebut dengan Alokas Dana Desa (ADD) sebesar Rp510.497.596,- dan pemerintah Pusat APBN Dana Desa (DD) sebesar Rp870.916.629,-.

Yang di bagi menjadi empat (4) bidang kegiatan. Yaitu 1. Bidangbidang Pemerintah Desa, 2. Bidang pembangunan fisik desa, 3. Bidang pembinaan kemasyarakatan, 4. Bidang pembinaan kemasyarakatan, kata Drs.Marpian kepala desa (Kades) bumi raya. Rabu (24/7/2019).

Lebih lanjut Marpian memaparkan agar masyarakat dapat melihat dan membaca serta mengetahui bahwa Dana APBDES bidang pembinaan masyarakat dan bidang pemberdayaan masyarakat untuk bidang pembangunan fisik desa papan kegiatan yang berada di lokasi kejadian kegiatan pembangunan dan para pekerja di ambil langsung dari dalam desa bukan dari luar desa tutur Marpian.

“Tujuan pekerjaan tersebut di kerjakan oleh masyarakat setempat, tentunya kualitas pekerja tersebut bisa di pertanggung jawabkan.Disamping turut memperdayakan masyarakat.Hal ini di ungkap Eko, salah satu warga yang berada di lokasi kegiatan mengungkapkan bahwa saya sangat senang sekali adanya pembangunan dan pekerjanya pun orang-orang sini, karena dapat membantu buat tambahan dan meningkatkan perekonomian masyarakat yang tergolong kurang mampu dan belum mendapatkan pekerjaan. Bukan hanya untuk pembangunan fisik saja dan semua sudah tertuang dalam undang-undang desa (UUD) nomor 6 tahun 2014,” katanya.

Dalam pencairan tahap pertama 20 persen sebesar Rp174.183.326,- yang telah kami laksanakan kegiatan pembangunan RABAT BETON dengan ukuran panjang 216 meter,lebar 2 meter dan tinggi 12 centi meter.Terletak di dusun Suka jadi RT 06 RW 05 dan RT 05 RW 04 dusun suka jadi satu dan dusun suka jadi dua,dengan anggaran Rp.60.233.200,-.Serta pembangunan Gedung Serba Guna (GSG) 1 unit yang berlokasi di RT 04 RW 03 Dusun Tanjung Mulyo Dua,dengan anggaran sebesar rp.95.420.700,-.Dan juga pembangunan 5 Unit gorong-gorong dengan anggaran sebesar rp.21.753.700,-.Sedangkan pencairan tahap kedua 40.persen sebesar rp.348.366.651,-.Dan ini juga akan di laksanakan pembangunan DRAINASE sepanjang 1643 meter.Yang terletak di Dusun Tanjung Sari,Tanjung Mulyo satu dan dusun Tanjung Mulyo dua.Serta dusun Suka jadi satu dan dusun Suka Jadi dua.Tiga (3) unit Sumur Bor yang berlokasi di dusun Tanjung Sari RT.05,di dusun Suka Jadi rt 02 dan dusun Tanjung Mulyo RT 04.

“Sedangkan untuk pencairan termin tahap ketiga dan selanjutnya akan di gunakan untuk bidang pembinaan kemasyarakatan desa dan pemberdayaan masyarakat desa serta penyertaan Modal BUMDES. Desa bumi raya dalam mengelola Dana Desa (DD) tahun 2019 sangat transparan itu terbukti dengan ada nya penghasilan warga. Harapan kami selaku warga masyarakat Desa Bumi Raya kepada pemerintah daerah maupun pemerintah Pusat agar dapat meningkatkan dana yang masuk di desa, karena kami dapat merasakan langsung adanya pembangunan tersebut,pungkas EKO,” paparnya.(verly).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here