Beranda Lifestyle Bupati Winarti : Tahun 2020 Insya Allah Tuba Dapat 600 Unit Bedah...

Bupati Winarti : Tahun 2020 Insya Allah Tuba Dapat 600 Unit Bedah Rumah

203
0
BERBAGI

Cahayalampung.com—Pemerintah Kabupaten Tulangbawang melalui Dinas Perumahan rakyat dan Kawasan Pemukiman, mengecek dan memonitoring langsung hasil pembangunan yang dibangun pada program bedah rumah yang saat ini sudah memasuki tahap 100 persen berjalan dan selesai. Kamis (25/7/2019) pagi.

Pada kroscek lapangan ini dipimpin langsung Kepala Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Pemukiman Kabupaten Tulangbawang Meilan Aziz beserta jajaranya, ada juga kordinator bedah rumah Provinsi Lampung, Teguh Patikno dan anggota, Plt Camat Banjar Baru Ermansyah serta ketua PWI Tulangbawang Abdul Rahman.

Saat ditinjau dilokasi pembangunan, terlihat kurang lebih proses pembangunan sudah hampir mencapai 100 persen salah satunya beberapa rumah yang ada di kecamatan Banjar Agung, Banjar Baru, dan Menghala Timur, Kabupaten Tulangbawang yang saat ini sudah mencapai proses tersebut.

Dengan bantuan total anggaran perumah berjumlah Rp17,5 juta untuk APBN dengan total bedah rumah 300 unit, sedangkan Rp15 juta untuk APBD 100 unit dibantu dengan swadaya dari masyarakat sesekitar. Sehingga dapat terbangun rumah dengan ukuran yang layak huni tersebut.

Antara lain seperti rumah ibu Sumiati (45) telah terbangun dengan ukuran 8×9, Mbah Romlan (100), dengan rumah ukuran 6×5 yang terletak di Kampung Tri Mukti Jaya, Kecamatan Banjar Agung. Dan Pak Sukino dengan ukuran rumah 6×6, Pak Slameto (70) ukuran 6×8, Ibu Surono Sumiatun (47), dengan ukuran rumah 6×7 yang berada dikampung Bawang Tirto Mulyo, Suganda (45) dengan ukuran 6×7 berada dikampung Tri Makmur Jaya dan Santi (39) ukuran 6×7 yang terletak di Kampung Cempaka Jaya Kecamatan Banjar Baru.

Hal ini tentunya tidak dapat terwujud tanpa ada bentuk kekompakan gotong royong masyarakat setempat, sesuai selogan Bupati Tulangbawang Bergotong royong, Bergerak Melayani Warga (BMW) yang sampai saat ini terus berjalan.

Bupati Tulangbawang Hj Winarti SE MH melalui Kepala Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Pemukiman Kabupaten Tulangbawang Meilan Aziz, mengatakan, sebanyak 400 unit pembangunan bedah rumah di Kabupaten Tulangbawang (Tuba), yang diperuntukan bagi masyarakat kurang mampu, ditargetkan 100 persen akan rampung pada akhir bulan Juli ini.

“Adapun sebanyak 300 unit, merupakan bantuan dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Direktorat Jenderal Penyediaan Perumahan, yakni program Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) sebesar Rp5,25 milliar, dengan satuan sebesar Rp17,5 Juta. Sementara 100 unit, bersumber dari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Tulangbawang yang dikucurkan melalui Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Pemukiman (PRKP), sebesar Rp1,5 milliar, dengan satuan sebesar Rp15 Juta,” jelas Meilan. Kamis (25/7/2019).

Lanjutnya, adapun target Tulangbawang kedepan sendiri berdasarkan penajaman kongres usulan provinsi ke kementerian berkisar 600 unit rumah pada Tahun 2020 mendatang untuk anggaran APBN. Namun, begitu pula dari APBD mungkin akan mengalami peningkatan pula kedepan jauh lebih besar dari Tahun ini.

Hal bahagia dirasakan Mbah Romlan (100) Tahun Warga Tri Mukti Jaya, Kecamatan Banjar Agung, Kabupaten Tulangbawang setempat yang merupakan salah satu warga yang mendapatkan program bedah rumah tersebut, Ia dan istri tentunya sangat bersyukur dengan adanya program bedah rumah ini, yang mana telah mengubah rumahnya yang dulu reot hampir rubuh menjadi rumah layak huni yang tentunya sangat nyaman saat ini.

“Diusia saya yang sudah Tua ini, saya sangat bersyukur karena impian saya mempunyai rumah bagus akhirnya tercapai, saya ucapkan terima kasih kepada pemerintah Kabupaten Tulangbawang melalui Dinas Terkait dan tentunya Bupati Tulangbawang Winarti yang sudah membantu kami disini,” ucap Mbah Romlan dengan senyum haru. (red).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here