Beranda Lifestyle Ketua PMI Tulangbawang Sopii Azhari Buka pertemuan Forpis

Ketua PMI Tulangbawang Sopii Azhari Buka pertemuan Forpis

823
0
BERBAGI

Cahayalampung.com– Palang Merah Indonesia (PMI) Tulangbawang gelar pertemuan Forum Palang Merah Remaja Indonesia (Forpis) dan bimbingan teknis posko.

Acara di buka langsung oleh ketua PMI Tulangbawang Sopii Azhari, SH, acara ini akan berlangsung dari tanggal 28-30 Januari 2019. Dengan peserta Forpis dari 28 utusan siswa – siswi SMK dan SMA se kabupaten Tulangbawang dan Mesuji.

Ketua PMI Tulangbawang Sopii Azhari, SH menjelaskan kebijakan Federasi tentang remaja di adopsi oleh General Assembly tahun 1991 yang kemudian disepakati pada General Assembly Tahun 1999, menyatakan bahwa perlunya melibatkan remaja dalam proses pengambilan keputusan mulai dari hal-hal yang terkait dengan kebijakan, program, maupun kegiatan.

“Beberapa Perhimpunan Nasional telah menindaklanjuti dengan mengadakan Youth Forum yang memilih Youth Leader atau Youth President mulai dari tingkat nasional, daerah, dan cabang. Selama Jumbara Nasional VI tahun 2006, Palang Merah Indonesia (PMI) telah menginisiasi proses ini dalam kegiatan dan ngobrol bareng Palang Merah Remaja (PMR) yang hasilnya menjadi program kerja bidang PMR,” terang Sopii saat memberikan materi pada pertemuan Forpis, di gedung pemberdayaan perempuan Tulangbawang, Senin (28/1/2019).

Dijelaskan Sopii Azhari, SH Tahun 2007 Forum Remaja Palang Merah Indonesia Nasional I dilaksanakan pada bulan Agustus sekaligus memperingati Hari Remaja Internasional. Forum ini merancang program kerja Pembinaan PMR tahun 2008, sekaligus mengidentifikasi kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman. Dalam forum ini juga memilih Presiden Remaja (Presja) I yaitu Dorkas, perwakilan PMI Daerah Sulawesi Barat. Strategi jangka panjang, forum ini juga akan terlibat aktif dalam pembahasan topik-topik ditingkat Internasional.

“Forpis merupakan kumpulan perwakilan PMR untuk menyalurkan dan mengkoordinir aspirasi PMR Mula, Madya, dan Wira.Tujuan : Meningkatkan peran aktif PMR dalam proses pengambilan keputusan dan kepemimpinan PMI. Kedudukan Forpis berada ditingkat Pusat, Daerah, dan Cabang. Forpis tidak mempunyai kepengurusan sehingga dalam melaksanakan fungsinya dikoordinir oleh Presja atau Presiden Remaja (Forpis Nasional), Koordinator Daerah atau Korda (Forpis Daerah), dan Koordinator Cabang atau Korcab (Forpis Cabang), dan dibantu oleh tim sekretariat yaitu Divisi/Bidang/Unit PMR dan Relawan ditingkat PMI Pusat, Daerah, dan Cabang. Forpis berasal dari unsur PMR Wira, karena ditinjau dari segi usia dan kapasitas telah mampu menyalurkan dan mengkoordinir aspirasi PMR Mula, Madya, Wira. Peserta Forpis adalah para ketua PMR Wira, atau perwakilan unit PMR yang mempunyai karakter kepemimpinan Mekanisme. Forpis mengadakan pertemuan minimal setahun sekali ditingkat Pusat, 6 bulan sekali ditingkat PMI Daerah, dan 3 bulan sekali ditingkat Cabang. Pembahasan Forpis adalah topik-topik strategis pengembangan PMR Mula, Madya, dan Wira yang kemudian dilaksanakan oleh seluruh anggota PMR dengan pendekatan Youth Centr,” paparnya. (red).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here