Beranda Berkelakar Proyek irigasi di Mesuji Jebol, petani gagal panen

Proyek irigasi di Mesuji Jebol, petani gagal panen

557
0
BERBAGI

Cahayalampung.com — Proyek bangunan saluran irigasi rawa tembakang yang terletak di Desa Labuhan Batin, Kecamatan Way Serdang, Kabupaten Mesuji, Jebol mengakibatkan banyak tanaman padi milik para petani rusak dan membusuk diterjang banjir yang ditimbulkan air sungai meluap.

Poniman (56) warga Labuhan Batin, menjelaskan akibat saluran irigasi jebol yang membuat banjir.

“Tanaman padi milik saya banyak yang rusak karena terendam air setinggi 1,5 meter,” ungkapnya kepada wartawan ini. Rabu (02/01).

Hal yang sama juga diungkapkan Ismail warga Labuhan Batin, tanaman padi miliknya juga seluas 5 hektar rusak terkena dampak banjir.

“Gimana gak banjir, bangunan saluran irigasi jebol. Kita para petani berharap kepada Pemerintah Kabupaten Mesuji melalui dinas terkait agar dapat menanggulangi saluran irigasi yang jebol,” pintanya.

Terpisah, Sekretaris Desa (Sekdes) Labuhan Batin, Luluk Aprianto mengatakan, awalnya air itu dari sungai yang melintasi tiga desa karena debit air sangat deras, tanggul/saluran irigasi tidak mampu menahan air jadi jebol yang mengakibatkan Banjir.

“Banjir disebabkan saluran irigasi jebol, ketinggian air mencapai sekitar dua meter. Bangunan saluran irigasi itu baru selesai masa pembangunan Oktober 2018. Saya berharap kepada Pemkab setempat melalui dinas terkait untuk segera diperbaiki,” pintanya. (Akif/red).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here