Beranda Advertorial SDN 1 Raman Endra Kembali Juara 1 LSS Tingkat Kabupaten Lampung Timur

SDN 1 Raman Endra Kembali Juara 1 LSS Tingkat Kabupaten Lampung Timur

1396
0
BERBAGI

LAMPUNG TIMUR, (CM) – Sekolah Dasar Negri (SDN) 1 Raman Endra Kecamatan Raman Utara kembali berhasil menjadi juara 1 Lomba Sekolah Sehat (LSS) tingkat Kabupaten Lampung Timur (Lamtim), Tahun 2018.

Kepala SDN 1 Raman Endra Nurhayati, S.Pd, MM mengatakan dari awal kami sudah yakin bahwa sekolahan kami akan menjuarai lomba sekolah sehat tingkat kabupaten. Keyakinan ini bukan tidak mendasar, tapi karena kami sudah pernah menjuarainya pada tahun sebelumnya.

“SDN 1 Raman Endra juga pernah mewakili kabupaten Lampung Timur, mengikuti lomba sekolah sehat tingkat provinsi Lampung,” terangnya kepada wartawan caha media. Jumat (21/9/2018).

Sekolah kami menerapkan disiplin dari bidang apapun, yang terutama dewan gurunya harus disiplin, selain itu siswa-siswi di sekolah ini kita tanamkan hidup sehat.

“Siapapun yang terlihat merokok di sekolahan baik tamu ataupun wali murid yang datang ke sekolahan meroko. Maka secara sepontan murid di SDN 1 Raman Endra ini tampa di suruh langsung menegur, dan memberi tau bahwa di sekolahan tidak bisa merokok,” terangnya.

Keberhasilan SDN 1 Raman Endra menjadi juara 1 lomba sekolah sehat tingkat Kabupaten Lampung Timur bukanlah akhir dari sebuah pencapaian. “Tetapi Semoga menjadi langkah awal untuk terus menjaga tradisi lingkungan sekolah yang bersih, sehat, nyaman bagi seluruh warga sekolah,” harapnya.

Terimakasih kepada seluruh rekan rekan dewan guru dan karyawan, serta siswa dan siswi yang telah ikut turut berpartisipasi dengan perannya masing- masing.

“Prestasi ini adalah sejarah yang tidak akan terlupakan, mari kita teruskan budaya sekolah sehat. Agar kita bisa menjadi contoh bagi sekolah-sekolah lain yang ada di kabupaten Lampung Timur,” paparnya.

Aspek Aspek Dalam Penilaian Lomba Sekolah Sehat – sekolah sehat saat ini sudaak menjadi program wajib yang harus dilaksanakan oleh sekolahan. kesadaran atas kesehatan yang dimiliki seluruh warga sekolah menjadi hal penting dalam tujuan adanya kegiatan lomba sekolah sehat. bukan hanya sekedar lomba, namun sekolah sehat lebih mementingkan peningkatan derajat kesehatan seluruh warga sekolah dan imbasnya terhadap lingkungan disekitar sekolahan. dalam pelaksanaan lomba sekolah sehat dikenal beberapa asspek penilaian. berikut aspek penilaian dari lomba sekolah sehat:

1. Kebersihan dan ventilasi ruangan

hal pertama yang dinilai dari lomba sekolah sehat adalah kebersihan di area sekitar sekolahan serta ventilasi ruangan yang sesuai dengan standar ruangan. berikut ini penilaian yang berhubungan dengan ruangan sekolah:

– ruangan kelas tidak ada coretan serta tidak kotor/ ruangan tertata rapi dan bersih.

– terdapat ventilasi yang mencukupi disetiap ruangan, serta pencahayaan yang baik dalam artian ini ruaangan tidak pengap dan sinar matahari bisa masuk langsung ke ruangan.

– kepadatan ruangan yang sesuai standar. ideal standar ruangan adalah (>1,5-1,75 m2/ murid)

2. perlengkapan yang harus ada di UKS

sebagai tempat untuk pelayanan kesehatan di sekolah, UKS harus memiliki standar alat yang harus ada di UKS untuk menunjang pelayanan kesehatan. berikut beberapa perlengkapan yang harus ada diruang UKS:

– tempat tidur untuk periksa

– lemari file dan dokumen

– kotak P3K

– snellen chart

– wastafel dan kamar mandi

– timbangan badan dan pengukur tinggi badan

dalam pelayanan kesehatan UKS memiliki standar obat yang harus ada diruangan antara lain obat untuk perawatan luka, obat gosok atau oles, serta obat oral. obat oral sendiri yang boleh ada di UKS adalah paracetamol untuk antinyeri dan antipiretik, antasida untuk sakit perut serta oralit.

3. lingkup kantin sekolah

faktor penilaian lomba sekolah sehat yang biasanya paling dilihat adalah kantin sekolah. aspek penilaian kantin sekolah antara lain:

– makanan atau jajanan yang ada di UKS harus bebas dari bahan pengawet, pewarna,pengenyal berbahaya.

– selain itu kantin juga harus bebas dari pembungkus berbahaya seperti plastik, stereofom dan yang lainnya.

– penyajian jajanan makanan kantin harus tertutup dan bebas dari kontaminasi.

selain jajanan yang dinilai, penjual makanan juga masuk dalam kriteria penilaian:

– penjual memakai pakaian rapi dan bersih

– penjual memahami dan mengerti tentang syarat kantin sehat

– penjual mencuci alat makan dengan air bersih yang mengalir

– penjual mencuci alat makan dengan air yang mengalir

– pembuangan sisa makanan serta kotoran dibuang pada tempat pembuangan yang tepat.

4. area kamar mandi

area yang dinilai dari kamar mandi antara lain:

– ratio kamar mandi untuk putri: 1:25 dan putra 1:30

– dinding kamar mandi bersih dan tidak berlumut

– lantai bersih dan tidak licin

– bak mandi bersih dan tidak ada jentik

– kamar mandi tidak berbau

– closet bersih dan tidak mampet

– ventilasi cukup ada udara dan sinar matahari yang bisa masuk kedalam kamar mandi

5. pendidikan kesehatan

pendidikan kesehatan diberikan melalui pembelajaran kelas dan penyuluhan. materi kesehatan mencakup masalah yang ada dilingkungan sekitar sekolah serta 8 gol UKS.

6. Taman dan toga

aspek yang dinilai adalah keaktifan seluruh warga sekolah dalam merawat kebun sekolah serta menjaga tanaman toga dan mengerti dan memahami tentang penggunaan dan manfaat dari tanaman toga itu sendiri.

7. kegiatan pelayanan kesehatan

pelayanan kesehatan dilingkungan UKS yang harus ada antara lain:

– ada program dan laporan tahunan

– penyuluhan kesehatan minimal 2 kali dalam setahun

– ada pelayanan siswa sakit

– ada skrening kesehatan rutin oleh puskesmas minimal setahun sekali.

– ada pelatihan kader rutin setiap minggunya

– ada pendataan kesehatan siswa yang rutin minimal 2 kali dalam setahun

– ada pemeriksaan kebersihan lingkungan rutin

selain program UKS diatas, syarat yang harus ada dalam penilaian lomba lingkungan sehat adalah:

1. ada SK tim pelaksana UKS yang rutin diperbaharui 2. ada MOU sekolah dengan PUSKESMAS dalam pelaksanaan kesehatan sekolah 3. ada struktur organisasi UKS 4. ada program kerja UKS 5. ada laporan tahunan UKS

(ADVERTORIAL)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here