Beranda Lifestyle Nunik : Pada Dasarnya Pendidikan dan Kebudayaan Adalah Budi Pekerti

Nunik : Pada Dasarnya Pendidikan dan Kebudayaan Adalah Budi Pekerti

354
0
BERBAGI

LAMPUNG, (CL) – Calon Wakil Gubernur Lampung Chusnunia atau yang akrap di sapa Nunik menyatakan wajib hukumnya budaya asli Lampung dan pendidikan karakter.

“Hal itu bisa dilakukan oleh para pendidikan yang ada di Lampung. Jangan remehkan (kemampuan) guru lokal,” ujar Mbak Nunik.

Hal itu disampaikan Nunik saat menjelaskan pertanyaan moderator tentang kebijakan pengelolaan pendidikan berbasis budaya dalam Debat Kandidat Pilgub Lampung yang digelar Komisi Pemilihan Umum (KPU) Lampung di Hotel Novotel, Bandarlampung, Sabtu, 28 April 2018.

Menurut Nunik, pada dasarnya pendidikan dan kebudayaan adalah budi pekerti.

“(Maka) kebudayaan lokal wajib kita kembangkan. Anak-anak kita harus dikenalkan dengan pendidikan kebudayaan. Jika kami terpilih (gubernur) kami juga akan kenalkan pendidikan kebudayaan,” ucapnya.

Menurut dia, sangat penting mendidik anak dan manusia yang cerdas dan terdidik. “Bukan seperti robot. Sebagai manusia terdidik, peserta didik tidak hanya berorientasi materi. Budaya ditanamkan untuk jadi perekat,” Nunik menjelaskan.

Sementara pasangannya, Cagub Lampung nomor urut tiga Arinal Djunaidi menambahkan, terkait budaya perlu disiapkan tenaga pengajar yang paham akan budaya daerah dari berbagai budaya, terlebih budaya di Provinsi Lampung seperti pepatah `Di Mana Bumi Dipijak di Situ Langit Dijunjung`.

“Insya Allah pada 2019-2024 akan dilakukan kebijakan terkait pendidikan, peningkatan SDM pendidik, infrastruktur penunjang belajar jadikan anak cerdas disiapkan, penempatan tenaga pendidikan khususnya budaya Lampung,” ujar mantan Sekdaprov Lampung ini. (rls)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here