Beranda Berkelakar Arinal – Nunik Berikan Solusi Nyata Bagi Petani

Arinal – Nunik Berikan Solusi Nyata Bagi Petani

401
0
BERBAGI

LAMPUNG, (CL) – Pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Lampung Nomor Urut Tiga, Arinal Djunaidi-Chusnunia (Arinal-NUnik), Jumat (16/3/2018) siang, berkunjung ke Raman Utara, Lampung Timur, provinsi Lampung.

Kunjungan itu untuk meluncurkan Kartu Tani Berjaya sekaligus menyerap aspirasi masyarakat. Dihadiri sekitar dua ribu warga, termasuk kelompok tani dari 13 kabupaten di Provinsi Lampung.

Program Kartu Tani Berjaya merupakan wujud komitmen pasangan Arinal-Nunik untuk memajukan pertanian di Lampung. Hal ini disarkan pada kondisi masyarakat Lampung yang sekitar 70 persen berprofesi sebagai petani.

Luas lahan sawah irigasi yang tersebar di Provinsi Lampung mencapai lebih dari 457 hektare, menjadikan daerah ini sebagai lumbung pangan nasional. Bahkan, sekitar 40 persen kebutuhan pangan di DKI Jakarta berasal dari Lampung.

Cagub Lampung periode 2019-2024, Arinal Djunaidi, menjelaskan, Kartu Petani Berjaya diluncurkan untuk memberikan jaminan kepada petani dan memajukan pertanian di Lampung.

Arinal berkomitmen memajukan petani karena dia dan pasangannya, Nunik, juga anak petani. “Dalam diri saya mengalir darah keluarga petani. Jadi jika saya bisa berdiri sampai saat ini karena jasa orang tua saya yang berprofesi sebagai petani”.

Program Kartu Petani Berjaya diharapkan dapat membantu para petani dalam mengatasi ketersediaan sarana produksi dalam penyediaan benih dan pupuk, bantuan permodalan berupa kredit usaha tani, dan beasiswa bagi anak-anak petani yang berprestasi.

“Arinal-Nunik sangat tahu berbagai permasalahan pertanian di Provinsi Lampung,” katanya.

Belum lagi biaya produksi yang tinggi namun ketika panen tiba harga beras anjlok. Karenanya, Arinal-Nunik ingin memberikan perhatian lebih mengenai tata kelola sektor pertanian, agar produksi pertanian bisa dioleh menjadi setengah jadi. Sehingga memberikan nilai tambah bagi petani.

Menurut Arinal, Kartu Petani Berjaya dapat melengkapi program yang sudah dicanangkan pemerintah pusat dalam memberikan perlindungan bagi para petani melalui Asuransi Usaha Tani Padi.

Arinal-Nunik mengharapkan kerja sama masyarakat untuk mewujudkan program itu apabila kelak dipercaya menjalankan amanah sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur Lampung periode 2019-2024.

Sementara itu, Chusnunia yang akrab disapa Nunik mengatakan memahami setiap jengkal permasalahan sektor pertanian di Provinsi Lampung. “lnsya Allah Arinal-Nunik memberikan jaminan kepada para petani di seluruh Provinsi Lampung,” katanya.

Kami mengharapkan kartu petani ini memberikan jaminan usaha pertanian sehingga meningkatkan kesejahteraan para petani dan keluarganya di Provinsi Lampung. (rls)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here