Beranda Uncategorized Seleksi Tilawatil Qur’an Ke-VIII Tingkat Kabupaten Tulangbawang di Ikuti 120 Peserta

Seleksi Tilawatil Qur’an Ke-VIII Tingkat Kabupaten Tulangbawang di Ikuti 120 Peserta

102
0
BERBAGI

MENGGALA, (CL)–Penjabat Bupati Qudrotul Ikhwan, melalui Kepala Kesbangpol Tulangbawang, Saut Sinurat, membuka kegiatan Seleksi Tilawatil Qur’an (STQ) Ke-VIII tingkat Kabupaten Tulangbawang Tahun 2023, di aula Kantor Kementerian Agama setempat, Rabu (19-07-2023).

Adapun peserta STQ Ke-8 Tahun 2023 tingkat Kabupaten Tulangbawang ini berasal dari 15 Kecamatan Se-kabupaten Tulangbawang, dengan peserta kurang lebih sebanyak 120 orang.

Cabang Lomba STQ Ada 10 Cabang yang akan dilombakan meliputi, Tartil Qur’an Putra dan Putri, Tilawah Al-Qur’an anak-anak Putra dan Putri, Tahfidzul Qur’an 1 Juz Putra dan Putri, lalu Tahfidzul Qur’an 10 Juz Putra dan Putri, Fahmil Qur’an Putra dan Putri, Syarhil Qur’an Putra dan Putri, Khottil Qur’an Penulisan Naskhah Putra-Putri Khottil Qur’an Kontemporer Putra-Putri Qiro’at Murotal Remaja Putra-Putri serta Qiro’at Murotal Dewasa Putra-Putri.

Dewan Hakim yang akan bertugas pada STQ ini terdiri dari 2 Kategori, Dewan Hakim Propinsi sebanyak 13 orang, lalu Dewan Hakim Kabupaten 10 orang kita gunakan Dewan Hakim Provinsi Lampung ini dalam rangka menjaga standarisasi mutu/kwalitas STQ ini untuk bisa berlaga pada MTQ Ke-50 Tingkat Propinsi Lampung.

Ketua I Pengurus LPTQ Kabupaten Tulangbawang, H.A. Jalaluddin, mengatakan, Tahun 2021 Kabupaten Tulangbawang berada pada peringkat Ke-VIII (Delapan) dan pada Tahun 2022, kita memperbaiki capaian peringkat yaitu pada Peringkat VII (Ketujuh), dan pada 2 (dua) tahun sebelumnya (karena covid) kita hanya mampu berada diluar peringkat X (sepuluh). Ini semua dapat diraih berkat kekompakan dan kesungguhan kita semua, Pemda Kabupaten Tulangbawang, Kemenag, para pelatih, official dan tentunya para Peserta yang tergabung dalam Kafilah.

“Kita tidak boleh mudah puas pada prestasi yang kita capai pada tahun kemarin, upaya pelatihan dan pembinaan senantiasa kita lakukan secara terus menerus kepada kafilah Tulangbawang. Dan kegiatan STQ Ke-8 hari ini adalah upaya untuk mempertahankan yang pernah diraih dan bersyukur jika mampu lebih baik lagi,” kata Jalaluddin, yang juga sebagai Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Tulangbawang.

Lebih lanjut, H.A. Jalaluddin, mengatakan, tantangan kita tahun ini tidak lebih mudah dari tahun kemarin, dengan adanya regulasi bahwa peserta MTQ Ke-50 Tingkat Propinsi Lampung Tahun 2023 yang mengharuskan 10 Cabang Lomba adalah Putra Daerah merupakan tantangan yang harus kita hadapi dan mari kita jadikan tantangan ini adalah peluang untuk memajukan Kabupaten Tulangbawang. STQ Ke-8 ini merupakan salah satu ihktiar Pengurus LPTQ Kabupaten Tulangbawang untuk menggali segenap potensi terpendam putra-putri yang ada di Bumi Udang Manis.

“Kepada seluruh anak-anakku yang mengikuti STQ Ke-8 Tahun 2023 Kabupaten Tulang Bawang ini diberikan reward/penghargaan Transport dan Uang saku dan yang berprestasi Juara 1 (Satu) akan mendapatkan Transport dan Uang saku serta Piagam Penghargaan sebagai Duta/Kafilah dari Kabupaten Tulang Bawang untuk mengikuti MTQ Ke-50 Tingkat Propinsi Lampung yang akan dilaksanakan pada September di Bandar Lampung,” ujarnya.

Dewan Hakim yang akan bertugas pada Seleksi Tilawatil Qur’an (STQ) ini terdiri dari 2 Kategori : Dewan Hakim Propinsi sebanyak 13 orang Dewan Hakim Kabupaten 10 orang Kita gunakan Dewan Hakim Propinsi Lampung ini dalam rangka menjaga standarisasi mutu/kwalitas STQ ini untuk bisa berlaga pada MTQ Ke-50 Tingkat Propinsi Lampung.

Penjabat Bupati Qudrotul Ikhwan, diwakili Kepala Kesbangpol Tulangbawang, Saut Sinurat, mengawali sambutan saya perkenankan saya atasnama pribadi atau Pemkab Tulang Bawang mengucapkan selamat tahun baru islam 1445 hijriah Tahun 2023.

“Pemerintah Daerah sangat mengapresiasi atas terlaksananya kegiatan ini, melalui STQ Ke-VIII tingkat Kabupaten Tulang Bawang yang memperlombakan 10 cabang. Diharapkan bisa mendapatkan bibit-bibit unggul calon kafilah Kabupaten Tulangbawang dalam MTQ untuk tingkat Provinsi Lampung,” kata Saut Sinurat.

Banyak pondok pesantren yang tersebar di Kabupaten Tulangbawang membuat saya optimis ada peserta yang berkualitas. Untuk itu, saya berharap kepada dewan hakim yang berkualitas agar dapat memberikan penilaian secara objektif dan adil.

“Kepada seluruh peserta, saya berharap dapat menunjukkan kemampuan terbaik, kesempatan untuk mengharumkan nama Kabupaten Tulangbawang di MTQ Tingkat Provinsi Lampung sangat terbuka bagi peserta yang memang memiliki kemampuan terbaik,” ujar Saut Sinurat.

Saya juga mengucapakan terimakasih atas kinerja Kementerian Agama Kabupaten Tulangbawang yang telah hadir menciptakan serta melindungi kepentingan agama dan semua pemeluk agama.

“Yang akhirnya menciptakan kerukunan hidup di tengah – tengah masyarakat, sehingga brand Tulangbawang sebagai Kabupaten Udang Manis dapat terwujud,” papar Saut Sinurat.(red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here