Beranda Daerah Waspada Banjir, Kapolsek Wonosobo Monitoring Aliran Sungai Way Semaka

Waspada Banjir, Kapolsek Wonosobo Monitoring Aliran Sungai Way Semaka

143
0
BERBAGI

Cahayalampung.com (Tanggamus) – Kapolsek Wonosobo Polres Tanggamus Iptu Juniko, S.H. pimpin langsung monitoring debit air sungai way semaka di Pekon Sinar Bangun Kecamatan Bandar Negeri Semuong Kabupaten Tanggamus, Rabu, 26 Oktober 2022 sore.

Kegiatan tersebut merupakan tindak lanjut dalam kesiapsiagaan bencana banjir yang kerap terjadi seiring dengan intensitas hujan yang tinggi dan air kiriman dari wilayah Lampung Barat.

Kapolsek Iptu Juniko mengungkapkan, monitoring tersebut dengan melihat langsung aliran air yang akan melintasi sungai way semaka pada pukul 16.30 WIB hingga pukul 17.30 WIB.

“Dalam antisipasi siaga bencana, kami telah melihat langsung debit air dan selama satu jam terpantau debit air semakin tinggi,” ungkap Iptu Juniko mewakili Kapolres Tanggamus AKBP Satya Widhy Widharyadi, S.I.K., M.K.P.

Kapolsek menjelaskan, saat ini aliran sungai Way Semaka di Pekon Sinar Bangun sudah meluap hingga ke rumah warga, luapan tersebut diprediksi karena tingginya curah hujan di wilayah hulu sungai.

“Luapan sungai way semaka, hingga ke pemukiman warga tersebut juga disebabkan tanggul sungai yang telah jebol akibat banjir pada hari Jum’at tanggal 14 Oktober 2022, lalu,” jelasnya.

Kapolsek menambahkan, meluapnya sungai way semaka juga terjadi di seputar pinggir sungai yakni di Pekon Banjarnegoro Kecamatan Wonosobo, namun saat ini telah surut.

“Siang tadi juga air sempat naik ke pemukiman di Pekon Banjar Negoro sebatas mata kaki. Namun sore tadi telah surut,” imbuhnya.

Kesempatan itu, Kapolsek mengimbau warga seputar bantaran sungai agar sama-sama waspada adanya banjir dan apabila terjadi agar segera menginformasikan kepada pihak terkait.

“Semoga tidak ada banjir susulan, namun warga yang berada di bantaran sungai sama-sama waspada guna mengantisipasinya,” imbaunya. (CL/Halimi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here