Beranda Daerah Maulid Nabi Manga Dua, Pekon Sri Melati, Silaturahmi dan Teladan Rasulullah

Maulid Nabi Manga Dua, Pekon Sri Melati, Silaturahmi dan Teladan Rasulullah

125
0
BERBAGI

Cahayalampung.com (Tanggamus) – 12 Rabiul Awal sebagai peringatan hari lahirnya Baginda Nabi SAW diperingati hampir di semua wilayah di Kabupaten Tanggamus. Peringatan Maulid Nabi yang jatuh pada Sabtu (8/10) diperingati dengan meriah dan diisi berbagai kegiatan.

Serangkaian acara peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW yang diselenggarakan masyarakat di sejumlah desa. Mulai dari Maulid yang digelar masyarakat Pekon Srimelati, dengan cara menggelar Marhaban, yang dipimpin Ustadz Jamaludin Marpu. Kiyai Haji Turmuzi, Ustadz Sanusi, Kiyai Haji Abdul Hamim, dan Ustadz Mufrodi di
Kecamatan Wonosobo, Kabupaten Tanggamus.

Menurut Ustadz Jamaludin Marpu, memperingati Maulid Nabi Besar Muhammad SAW, selain merupakan bukti cinta kita kepada beliau, juga untuk mengingatkan kita tentang nilai-nilai keteladanan dari Rasulullah SAW, akhlak yang mulia, tutur kata yang santun dan sifat-sifat beliau yang penuh kasih sayang kepada siapa saja, ucap ustadz Jamaludin Marpu.

Ustadz jamal menambahkan, “Pekon Srimelati, Manga Dua, Rayakan Maulid Nabi tahun ini dengan cara menggelar Marhaban, hal itu nampak dilihat betapa sangat antusias warga mengikuti acara yang digelar sabtu dini hari (22/10/2022) Dalam acara tersebut turut dihadiri oleh Tokoh Pemuda, Alim Ulama dan Para Sesepuh Pekon.

Dengan lantunan merdu ayat – ayat suci Al-Qur’an pelaksanaan peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW berjalan dengan sangat khidmad.

Sementara itu, pembacaan kitab atau berjanji dipimpin oleh Bapak Makromi Gelaran acara marhaban dalam memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW tersebut diakhiri dengan do’a bersama demi kebaikan Pekon setempat kedepannya. Tak tertinggal seluruh hadirin berharap agar senantiasa diberikan kesehatan.

Dalam sambutannya Ustadz Mufrodi mewakili sesepuh masyarakat Pekon Srimelati mengucapkan beribu – ribu terimakasih atas kehadiran tamu yang berasal dari Dusun Waru Doyon, Dusun Sinar Bangun, Dusun Pangkul, dan Dusun Srimelati.

“Saya mewakili sesepuh pekon manga dua acara mengucapakan beribu-ribu ucapan terimakasih kepada seluruh masyarakat yang hadir, semoga apa yang sudah kita lakukan yaitu memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW, diberikan pahala yang besar,” katanya.

Selain itu, diketahui Marhaban sendiri merupakan sebuah acara pembacaan Shalawat Nabi yang menggunakan nada atau lagu. Peringatan ini setiap tahunnya selalu digelar di pekon tersebut dengan antusias warga yang sangat nampak dengan bersama-sama menghias telur dan bersih-bersih masjid sembari menjalin silaturahmi antar warga. (CL/Halimi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here