Beranda Daerah Datangi Museum Transmigrasi Ganjar Pranowo Disambut dengan Kesenian Lampung

Datangi Museum Transmigrasi Ganjar Pranowo Disambut dengan Kesenian Lampung

135
0
BERBAGI

Cahayalampung.com (Pesawaran) – Kunjungan kerja (kuker) Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo beserta rombongan di Kabupaten Pesawaran disambut antusias oleh Bupati serta masyarakat Kabupaten Pesawaran.

Kedatangan Gubernur Jawa Tengah tersebut disambut dengan berbagai macam kesenian adat dan budaya Lampung dan Jawa, Gubernur Jawa Tengah tiba di Museum Transmigrasi Gedong Tataan kurang lebih pukul 14.30 WIB disambut serta diiringkan dengan arak-arakan adat Lampung berupa betabuh, pencak khakot dan tari kesekh menuju Gedung Transmigrasi.

Selanjutnya Gubernur Ganjar Pranowo dan Bupati Kabupaten Pesawaran serta rombongan berjalan berkeliling sambil menyapa masyarakat yang sudah berbaris menunggu kedatangan dari orang nomor satu di Provinsi Jawa Tengah tersebut.

Berbagai macam kesenian adat dan budaya pun dipertontonkan oleh warga masyarakat di sepanjang jalan menuju tempat utama berlangsungnya Acara, mulai dari kesenian jaranan, komunitas sepeda ontel dan lain sebagainya menjadi tontonan menarik di sepanjang jalan yang dilalui oleh Gubernur dan rombongan.

Tak lupa pula Gubernur dan rombongan mampir dan menyapa tempat-tempat stand pameran, dari berbagai macam kerajinan tangan seperti pembuatan tapis dan kerajinan lainnya.

Dalam Sambutannya Bupati Kabupaten Pesawaran H. Dendi Ramadhona mengucapkan selamat datang kepada Gubernur Ganjar beserta rombongan yang sudah berkenan untuk datang di Kabupaten Pesawaran dalam rangka kunjungan kerja dan sekaligus berkenalan langsung dengan warga masyarakat.

Bupati juga memohon maaf apabila di dalam penyambutan kepada Gubernur dan rombongan tersebut banyak terdapat kekurangan dan tidak sesuai dengan apa yang di inginkan oleh Gubernur beserta rombongan.

“Selamat datang kepada Gubernur Ganjar beserta rombongan, inilah keadaan Kabupaten Pesawaran, mohon maaf apa bila penyambutan dari kami tidak sesuai seperti yang diinginkan. Silahkan nanti berintraksi langsung dengan masyarakat,” ujar Dendi.

Bupati Pesawaran Dendi Ramadhona mengatakan, kedatangan Gubernur Jawa Tengah ke Bumi Andan Jejama dapat mengobati rasa kangen masyarakat Jawa yang ada di Pesawaran.

“Masyarakat Lampung dapat menerima suku-suku lain, terlebih masyarakat suku Jawa, dan kita dapat hidup bersama saling menghargai, sehingga tidak pernah ada konflik. Dengan kedatangan Gubernur Jawa Tengah sudah barang tentu dapat menjadi pengobat rasa kangen bagi masyarakat Jawa yang ada di Kabupaten Pesawaran ini,” ungkap Dendi.

”Sementara itu, Gubernur Ganjar dalam sambutannya menyampaikan ucapan terima kasih atas sambutan yang luar biasa oleh Pemerintah daerah Kabupaten Pesawaran dan warga masyarakat yang begitu antusias untuk menyambut dirinya beserta rombongan mulai dari saat sampai dan turun dari mobil, disepanjang jalan saat berkeliing meninjau museum semuanya nampak sangat antusias menyambut kehadirannya,” ucap Gubernur.

Ganjar pun merasa sangat terkesan atas penyambutan yang diberikan kepadanya. ”Terima kasih atas penyambutan yang diberikan, terlebih kepada Tokoh Adat Lampung melalui Majelis Penyimbang Adat Lampung (MPAL) dengan pakaian adat Lampung, yang sudah pasti tidak sembarang orang dapat memakainya,” ulas Ganjar.

“Sangat berkesan dengan adat masih dijunjung tinggi, dengan suasana yang sangat akrab, dan kain yang saya kenakan ini suatu bukti bahwa adat sangat dijunjung tinggi sudah pasti tidak sembarang orang dapat memakainya,” tandasnya.

Dalam kesempatan tersebut Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo juga berinteraksi langsung dengan masyarakat jawa keturunan dari masyarakat jawa yang transmigrasi pertama zaman kolonial belanda pada tahun 1905 yang tinggal di Desa Bagelen Gedong Tataan.

Selanjutnya Gubernur juga berharap kedepannya akan terjalin kerjasama yang baik antara Kabupaten Pesawaran da Provinsi Jawa Tengah terutama kerjasama dibidang adat seni dan budaya. (CL/Rully)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here