Beranda Daerah Hadiri Rakor Akhir Tahun MKKS SMP, Kadisdik Tanggamus Dukung Peningkatan Mutu Pendidik

Hadiri Rakor Akhir Tahun MKKS SMP, Kadisdik Tanggamus Dukung Peningkatan Mutu Pendidik

101
0
BERBAGI

Cahayalampung.com (Tanggamus) – Kepala Dinas Pendidikan Yadi Mulyadi S.T.,M.M. menghadiri kegiatan Rakor Akhir Tahun 2021 Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMP Kabuapten Tanggamus yang bertajuk “Paradigma Baru Meningkatkan Mutu Pendidikan, Menyongsong Era Society 5.0”. Kegiatan tersebut dipusatkan di ruang Aula SMP Negeri 1 Semaka. Senin (29/11/2021)

Dalam menghadapi Era Modern saat ini, dimana satuan pendidik dihadapkan oleh kecanggihan digital yang semakin maju. sehingga banyak hal yang harus dipersiapkan untuk menyongsong Era Society “Five Poin Zero” atau 5.0 khususnya bidang pendidik.

Dalam kegiatan ini juga dilaksanakan pemotongan tumpeng yang diberikan kepada guru yang dinilai memiliki dedikasi yang tinggi, mengingat rakor akhir tahun 2021 masih dalam suasana HGN Dan HUT PGRI Tahun 2021

Dalam kesempatan itu Yadi Mulyadi, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Tanggamus, menyampaikan bahwa kegiatan rakor akhir tahun MKKS atau Musyawarah Kerja Kepala Sekolah, di jenjang pendidikan SMP ini, pada intinya bagaimana kedepan tenaga pendidik dapat meningkatkan mutu pendidikan.

“Artinya di dalam rakor ini, satu tema di era society 5.0, dimana pembentukan dan pembangunan manusia itu sebagai keutamaan teknologi informasi adalah sebagai pendukung, untuk mendukung peningkatan mutu pendidik lebih unggul,” ucap Yadi Mulyadi.

“Kita sama-sama sepakat atau komitmen untuk membangun dunia pendidikan society five point zero itu sendiri. mudah-mudahan kedepan dengan adanya rakor ini, bukan hanya di hari ini saja nanti kita kedepan kita akan tetap berkordinasi MKKS atau Musyawarah Kerja Kepala Sekolah di jenjangnya SMP ini untuk meningkatkan mutu pendidikan,” beber Kadis.

Menurut Kadis, perlu beberapa kesiapan dalam menghadapi Era Society 5.0 kedepan, dan perlu ada pembinaan yang lebih baik khususnya pendidik, sehingga antara teknologi informasi dan SDM bisa mendapatkan hasil yang baik.

“Karena sarana pendukung yang memang harus kita siapkan yaitu teknologi informasi tetapi bukan hanya itu, tetapi SDM nya juga, yang harus kita siapkan, artinya kita tidak bisa menyiapkan hanya salah satu saja, kita bina kita bentuk tim itu sendiri atau guru-guru atau kepala sekolah itu sendiri, tanpa didukung oleh teknologi itu tidak bisa tetapi harus oleh kedua-duanya bersinergi antara SDM dan teknologi informasinya juga,” ungkapnya.

Heri Agus Setiawan selaku Ketua DPRD Tanggamus yang turut hadir dalam.kegiatan tersebut mengapresiasi MKKS SMP yang sudah mengambil tema tersebut dalam talk show bentuk kepedulian dan tanggap dengan perkembangan zaman, yang harus disikapi antara pemerintah daerah dan pendidik.

“Di era society 5.0 ini, jaringan internet itu sangat penting sehingga masing-masing siswa bisa mendapatkan informasi yang sama dari wilayah satu ke wilayah yang lain yang ada di kabupaten Tanggamus. Dan kami sangat mengapresiasi MKKS sudah mengambil tema ini dalam talk show bentuk kepedulian dan tanggap dengan perkembangan zaman, yang harus kita sikapi antara pemerintah daerah dan pendidik,” tutur Heri Agus Setiawan.

Di tempat yang sama, Sunarmi Ketua MKKS SMP Kabupaten Tanggamus yang sekaligus Kepala Sekolah SMP Negeri 1 Gisting, menyampaikan bahwa, tema yang mereka ambil dasarnya adalah memang kebijakan pemerintah pusat, direktorat pendidikan SMP itu dalam menyikapi tantangan yang ada, maka itu layak diangkat, dan layak untuk diperbincangkan, layak dibicarakan bersama pemerintah daerah.

“Adanya sinergitas, kalau kami tangkap itu, bahwa pemerintah daerah yakni Eksekutif maupun legislatif. dalam hal ini bapak ketua dewan dan juga Kadis Pendidikan sangat mensuport sangat mengapresiasi, mudah-mudahan kedepan dapat terealisasi. Dan juga perlu diketahui, bahwa profil kedepan satuan pendidikan dan profil Tanggamus itu sudah dikeluarkan insyaallah bulan maret oleh Direktorat,” pungkas Sunarmi. (CL/Halimi/Advertorial)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here