Beranda Daerah MPAL Pesawaran Dipimpin Kaula Muda

MPAL Pesawaran Dipimpin Kaula Muda

24
0
BERBAGI

Cahayalampung.com (Pesawaran) – Majelis Penyimbang Adat Lampung (MPAL) Kabupaten Pesawaran menggelar musyawarah daerah ke III tahun 2021, dengan mengambil tema “Adat Dan Budaya Sebagai Perekat di Bumi Andan Jejama”. Musda diadakan di gedung serba guna (GSG) Pemda Kabupaten Pesawaran pada rabu (03/06).

Hadir dalam acara tersebut Bupati pesawaran H. Dendi Ramadhona dengan gelar Pengikhan Paksi Marga beserta Wakil Bupati Kolonel (Purn) Marzuki S. Sos., Anggota DPR MPR RI Zulkifli Anwar. Mantan Bupati Pesawaran Aries Sandi Darma Putra, Forkopimda serta tokoh tokoh adat Lampung.

Hasil Musda terpilih sebagai Ketua MPAL masa bakti 2021-2025 dari golongsn generasi muda yaitu Farifki Zulkarnain dengan gelar Suntan Junjungan Marga. Menggantikan ketua Yang Lama karena habis masa bakti H. Muadin Yusup dengan gelar Suntan Ibu Marga.

Acara tersebut dibuka langsung oleh Bupati Pesawaran dengan ditandai pemukulan gong.

Ada lima hal yang diminta Dendi demi kemajuan MPAL yakni melakukan penataan pelayanan masyarakat merapikan pendataan pencitraan yang baik, serta menyiapkan pendanaan untuk program yang akan datang.

Saat dikonfirmasi Ketua terpilih Farifki Zulkarnain mengatakan program kedepan ada tiga yang perlu dikedepankan, pertama memprioritaskan untuk mempersatukan penyimbang adat istiadat antara Sai Batin Dan Pepadun, Yyng kedua sebagai jembatan penghubung antara penyimbang adat dengan pemerintah daerah.

“Sedangkan program ketiga sesuai dengan arahan Bupati dasarnya mengacu pada Lima M yaitu membenahi data base, adat istiadat membenahi pendataan, melakukan pelayanan, membenahi pencitraan serta menyiapkan pendanaan,” jelas Farifki.

“Melalui ketua harian mengharapkan dapat lebih aktif di majelis penyimbang adat dan Yang kedua dapat mempererat persatuan adat Saibatin dan Pepadun,” harap Farifki. (CL/Rol)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here