Beranda Lifestyle Jum’at Bersih Jadi Agenda Rutin RSUD Menggala

Jum’at Bersih Jadi Agenda Rutin RSUD Menggala

261
0
BERBAGI

Cahayalampung.com–Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Menggala sebagai Lembaga Teknis Daerah Menggala di bidang pelayanan kesehatan dan satu-satunya rumah sakit umum milik Pemerintah Daerah Kabupaten Tulangbawang memiliki peran strategis dalam meningkatkan derajat kesehatan melalui upaya pelayanan kesehatan dan pelayanan medis yang diberikan kepada masyarakat khususnya di wilayah Kabupaten Tulangbawang sesuai dengan tugas pokok dan fungsinya secara komprehensif dan paripurna.

 

Status RSUD Menggala adalah sebagai RS Tipe-B Non-Pendidikan serta dengan beban pelayanannya sebagai RS Rujukan Regional III dengan wilayah jangkauan pelayanan RS meliputi 7 (tujuh) Kabupaten yaitu Kabupeten Lampung Utara, Lampung Barat, Tulang Bawang Barat, Tulang Bawang, Mesuji, Way Kanan dan Pesisir Barat.

Kondisi tersebut mengharuskan RSUD Menggala harus bergerak lebih cepat dalam penyediaan dan peningkatan pelayanan medis secara umum maupun khusus dengan potensi SDM Medis yang dimilikinya. Kondisi tersebut harus pula ditopang dengan kondisi fisik RS yang baik dan bersih, sehingga memberikan rasa nyaman dan aman bagi seluruh pengelola dan pengguna RSUD Menggala.

Tanggung jawab Kebersihan, kenyamanan dan keamanan yang mendukung penyediaan pelayanan medis yang sempurna, paripurna merupakan tanggung jawab bersama seluruh stake holder pengelola dan penggunanya termasuk masyarakat umum lainnya. Dalam rangka memupuk dan meningkatkaan tanggung jawab tersebut, setiap hari Jum’at, kita lakukan kegiatan GOTONG ROYONG dan Bersih-bersih RSUD Menggala. Kegiatan tersebut dalam bentuk kegiatan bersama membersihkan lingkungan kerja meliputi lingkungna eksternal (halamam RS, fasilitas umum) serta lingkungan kerja masing-masing termasuk lingkungan pelayanan medis (Rawat Jalan). Pentingnya hal tersebut, Direktur RSUD Menggala, melalui Surat Edaran No.445/428/IX.1/TB/IX/2018, memerintahkan untuk melakukan Kerja Bakti (Jum’at Bersih).

Kegiatan ini merupakan agenda rutin sejalan dengan jadual kegiatan rutin sekretariat Pemkab Tulangbawang yang dilakukan setiap Minggu Pertama dan Minggu Ke-3 setiap bulannya. Meskipun kerjasama pelayanan kebersihan telah di bantu oleh pihak ketiga dalam pengelolaannya, namun momentum GOTONG ROYONG bersih-bersih ini akan menjadi media AKSELERASI, percepatan terwujudnya pelayanan publik yang profesional, akuntabel, nyaman dan aman pada seluruh masyarakat khususnya Tulang Bawang.

Kegiatan kebersamaan ini akan menumbuhkan tanggung jawab pribadi, grup dan kelompok dalam menjaga kebersihan, kenyamanan lingkungan kerja nya masing-masing, dan pada akhirnya akan melahirkan suatu KEBIASAAN dan BUDAYA bersih dan nyaman dan penyediaan pelayanan publik khususnya pelayanan kesehatan masyarakat dan medis di RSUD Menggaala. Momentum ini juga menjadi bentuk nyata dari aparatur sipil negara Pemkab Tulang Bawang ‘BERGERAK MELAYANI WARGA’ dengan slogan BMW nya.

“RSUD Menggala harus dikelola profesional untuk mewujudkan pelayan medis yang komprehensif dan peripurna, bersih, nyaman dan aman bagi semua..!”, demikian komentar yang diberikan oleh Direktur RSUD Menggala, Lukman Pura,dr.SpPD-KGH.,MHSM.,FINASIM pada saat apel pagi dilingkup RSUD Menggala.

Lukman juga menekankan budaya bersih akan menjadi aktifitas dan kebiasaan sehari-hari di RSUD Menggala yang dilakukan oleh semua komponen pengelola pelayanan, sehingga kita dapat memberikan contoh dan mengajak pasien dan pengguna RSUD lainnya mewujudkan RSUD Menggala yang bersih, nyaman dan aman, sehingga dapat dibanggakan sebagai penyedia pelayanan publik yang profesional dan akuntabel.(Advertorial).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here