Beranda Lifestyle Iskandar Zulkarnain : Verifikasi Dewan Pers, Membedakan Perusahaan Profesional dan Belum

Iskandar Zulkarnain : Verifikasi Dewan Pers, Membedakan Perusahaan Profesional dan Belum

458
0
BERBAGI

LAMPUNG, (CL) – Pentingnya verifikasi perusahaan pers dan uji kompetensi wartawan (UKW) yang diterapkan Dewan Pers. Sehingga publik dapat membedakan mana perusahaan yang profesional dan yang belum.

Hal ini di sampaikan Iskandar Zulkarnain saat menjadi narasumber pada Workshop Bakti Untuk Negri dengan tema : Penguatan pemberdayaan ekosistem pers melalui ketersediaan infrastruktur telekomunikasi dan informasi. Yang dihelat di Batiqa hotel, Bandarlampung. Jumat (24/8/2018).

Iskandar Zulkarnain yang sudah malang melintang di dunia jurnalis dari Tahun 1990 mengawali karirnya, saya bangga kepada kawan-kawan jurnalis tetap konsisten menyewarakan aspirasi rakyat.

“Awalnya dewan pers mengumumkan media yang terverifikasi yang di deklarasi di Palembang. Pada saat itu, awalnya saya marah. Tapi setelah saya amati ini adalah ide cemerlang yang harus di lakukan,” terangnya.

Lanjut nya apa saja sarat yang harus di penuhi perusahaan Pers, yakni berbadan hukum berbentuk PT, Yayasan atau Koperasi yang dikelola dengan profesional, alamat redaksi harus jelas, dan memiliki susunan redaksi.

“Kemudian mematuhi dan menerapkan kode etik, harus bersertifikat, serta memberikan perlindungan terhadap wartawannya di setiap liputan. Pemilik media tidak boleh mengintervensi, serta harus mampu menggaji wartawan sesuai UMP, ada perangkat, ruang kerja, daptar gaji karyawan, BPJS tenaga kerja,” paparnya.

Iskandar menambahkan Pimred nya harus sudah lulus UKW tingkat utama, kedepan akan ada edaran dewan pers nara sumber berhak menolak wartawan yang belum UKW.

“Kita sering mengkeritik orang, tapi kita tidak mau berbenah. Dan ketika di minta memenuhi kewajiban kita sebagai perusahaan pers kita tidak mau memenuhinya,” terangnya. (red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here