Beranda Lifestyle Program Unggulan Pemkab Tulang Bawang “BMW” Mulai di Realisasikan

Program Unggulan Pemkab Tulang Bawang “BMW” Mulai di Realisasikan

1306
0
BERBAGI

TULANG BAWANG, (CL) – I6 program unggulan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tulang Bawang, Bergerak Melayani Warga (BMW) sudah di anggarkan Tahun 2018, mulai di realisasikan di seluruh kecamatan dan kampung, secara bertahap, dan disesuaikan dengan ketentuan yang berlaku.

Hal ini di sampaikan Bupati wanita pertama di Tulang Bawang Hj. Winarti SE, MH, saat safari Ramadhan di Masjid Al- Iman kampung Tiuh Tohow kecamatan Menggala. Kamis (17/5/2018).

Pada hari pertama di bulan suci ramadhan 1439 Hijriah, Tahun 2018. Tim safari ramadhan yang dibentuk Pemkab Tulang Bawang langsung Bergerak Melayani Warga (BMW) ke kampung dan kecamatan terbagi tiga rombongan.

Safari ramadhan hari pertama tim 1 dipimpin langsung Bupati Tulang Bawang, Hj. Winarti SE, MH, tim ini meluncur ke Masjid Al-iman yang berada di kampung Tiuh Tohow, kecamatan Menggala.

Sementara tim 2 dipimpin Wakil Bupati Tulang Bawang Hendriwansyah dan meluncur ke Masjid Baiturrahman kampung Panca Karsa Purna Jaya kecamatan Banjar Baru, dan tim 3 dipimpin Ketua DPRD Tulang Bawang Sopi’i SH dan meluncur ke Masjid Al-Anwar kampung Cempaka Dalam kecamatan Menggala Timur.

Dalam kunjungan masing-masing tim safari ramadhan, diberikan bantuan untuk Masjid sebesar Rp20 Juta dan santunan anak yatim bagi 100 anak, bahkan menariknya di kunjungan Hj. Winarti SE, MH. Bupati ini menyumbangkan gajinya bulan Juni, untuk keperluan Masjid.

Bupati Tulang Bawang Hj. Winarti SE, MH menyampaikan tujuan safari ramadhan adalah guna menjalin silaturrahmi, serap aspirasi masyarakat dan yang terpenting yaitu melihat langsung kendala, hambatan, kesulitan yang dihadapi masyarakat serta realisasi pembangunan.

Untuk itu, saya menekankan kepada aparatur kecamatan dan kampung agar betul – betul menjalankan tanggung jawabnya yakni melayani masyarakat dengan ikhlas, jangan mempersulit segala urusan masyarakat serta jangan sampai ada pungutan liar diluar aturan yang ada. Dan saya juga menghimbau kepada kita sekalian agar memahami dan sama- sama mewujudkan VISI Pemerintah Kabupaten Tulang Bawang yaitu, ”Terwujudnya Tulang Bawang yang Aman, Mandiri dan Sejahtera,” terangnya.

Program/kegiatan Pemerintah Kabupaten Tulang Bawang “Bergerak Melayani Warga” akan dilaksanakan di seluruh kecamatan dan kampung, secara bertahap, dan disesuaikan dengan ketentuan yang berlaku. Adapun program/kegiatan unggulan tersebut yang sudah diprogramkan dan dianggarkan TA. 2018 antara lain :

1. Alokasi Dana Kampung BMW, sudah ada perkecamatan 1 kampungnya mendapat anggaran Rp400 jutan rupiah, sementara kampung lainnya sebesar 250 juta rupiah per kampung, (sudah diluncurkan);
2. Pembangunan Irigasi Pertanian, Air Bersih, Infrastruktur Pendukung Lainnya.
3. Pembangunan Pertanian termasuk  Bantuan bibit pertanian; dan Sarana Pendukung Pertanian;
4. Fasilitasi Kelistrikan di Seluruh kampung di Tulang Bawang (Tulang Bawang Terang); saat ini tahun 2018 direncanakan 50 Kampung teraliri listrik, selanjutnya tahun 2019 inshaallah 151 kampung di Tulang Bawang teraliri listrik semua.
5. Meningkatkan pelayanan pembuatan KTP, Kartu Keluarga, Akte Kelahiran dan dapat dilaksanakan di masing-masing kecamatan; melalui pengadaan mobil pelayanan kependudukan keliling (e-KTP BMW Mobile);
6. Menurunkan Tingkat Kematian Ibu dan Bayi melalui  Program Peningkatan Keselamatan Ibu Melahirkan dan Anak serta GASIBU;
7. Pemberian Tunjangan Khusus Tenaga Medis, Bidan Desa dan Kader Posyandu;
8. Pembukaan Lapangan kerja Guna Mengurangi Angka Pengangguran dan Angka Kriminalitas dengan Pemberian Stimulan Usaha Produktif untuk Pemberdayaan Pemuda, Kaum Perempuan, Kelompok Tani, Usaha Kecil industri Rumah Tangga Melalui Pelatihan dan bantuan modal; serta kemudahan pemberian perizinan bagi masyarakat dan dunia usaha;
9. Pemberian Beasiswa bagi keluarga tidak mampu dan berprestasi;
10. Pemberian Peningkatan Kesejahteraan untuk tenaga honorer pendidikan dan tenaga kesehatan;
11. Pemberian susu dan telur gratis sebagai Tambahan Makanan Bagi Siswa Pendidikan di Tulang Bawang;
12. Pemberian Kemudahan Penyesuaian ijazah dan ijin belajar bagi PNS disesuaikan dengan ketentuan yang berlaku, (sudah diluncurkan);
13. Pemberian Santunan kematian bagi masyarakat miskin, (sudah diluncurkan);
14. Pemberian bantuan sarana peribadatan (masjid, mushola, pondok pesantren, gereja dan pura) penyediaan dana hibah untuk Insentif babinsa/ babinkantibmas, penyandang cacat, bantuan kepada lanjut usia, umroh (sudah diluncurkan).
15. Pemberian bantuan dukungan pendidikan di madrasah, pesantren, diniyah, honor guru PAUD dan TPQ;
16. Pemberian Bantuan Bedah Rumah bagi Masyarakat Miskin.

“Perlu diketahui, banyak hal yang harus kami perbuat untuk masyarakat, tapi yang lebih mendesak kita prioritaskan, seperti saat ini kita telah mendorong penyaluran bantuan dana kematian, hanya dengan syarat memiliki KTP Tulang Bawang,” ungkap Winarti.

Selain itu, ia menjelaskan, saat ini juga telah disalurkan bantuan berupa santuan untuk lansia, susu telur gratis untuk para siswa-siswi dan bedah rumah warga tidak mampu.

“Semua kita kerjakan satu persatu, saya cuma minta kita semua kompak bahu membahu mendukung pembangunan, agar terwujudnya Tulang Bawang yang aman, mandiri dan sejahtera,” kata Bupati. (red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here