Beranda Uncategorized Gubernur Lampung Mengapresiasi Prosesi Adat Lampung Saat Penyambutan

Gubernur Lampung Mengapresiasi Prosesi Adat Lampung Saat Penyambutan

442
0
BERBAGI

Cahayalampung.com–Pasangan Gubernur dan Wagub Lampung periode 2019-2024, Arinal Djunaidi – Chusnunia Chalim (Nunik) mengapresiasi prosesi adat Lampung saat penyambutan mereka di Mahan Agung (rumah dinas gubernur).

Arinal mengatakan, Lampung memiliki ciri khas. Punya ciri-ciri, sesuatu yang lebih bila dibandingkan masyarakat lain.

“Spesifik adat kita tidak sama. Dari sekian bahasa, tulisan. Insya Allah dengan punya keinginan bersatu. Di masa mendatang saya akan bangkitkan budaya, tokoh adat. Karena harus bersatu bangun Lampung,” kata Arinal di saat memberi sambutan di Mahan Agung, Kamis (13/06).

Di kesempatan itupun Ketua DPD I Partai Golkar Lampung ini berjanji akan menggelar pertemuan bersama bupati/wali kota se-Lampung untuk membahas percepatan pembangunan di Bumi Rua Jurai.

“Minggu depan kita koordinasi dengan baik, wali kota,” ucapnya.

Sebelumnya Arinal-Nunik tiba di Mahan Agung (rumah dinas gubernur) Kamis (13/06) sekira pukul 15:08.

Kedatangan mereka di Mahan Agung kali pertama pascadilantik Presiden Joko Widodo (Jokowi) Keduanya dilantik Presiden Joko Widodo yang didampingi Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo di Istana Negara Jakarta, Rabu (12-6-2019).

Tiba depan di Mahan Agung, Arinal-Nunik yang mengenakan pakaian dinas gubernur dan wagub berwarna putih dan Arinal Djunaidi mengenakan topi adat nampak kompak sembari mengurai senyum, pada para undangan yang cukup lama menunggu mereka tiba.

Mereka pun disambut Marga Balak Teluk Betung, dengan pembacaan pantun berbalas menggunakan bahasa Lampung serta ‘Seserahan’ dalam penyambutan, serta diperagakan Pencak Silat Khakot yang diperagakan beberapa Hulubalang (pesilat) menggunakan tombak dan pedang.

Arinal-Nunik yang didampingi istri dan suami memasuki tandu adat Lampung berjalan perlahan memasuki Mahan Agung.

Prosesi ini mengandung arti agar Arinal-Nunik mendapatkan perlindungan Allah SWT. Serta berpijak pada keadilan untuk kesejahteraan masyarakat Lampung. Serta bisa bersinerginya adat Lampung dengan Pemprov Lampung

Nampak di jajaran tamu undangan yang hadir di Mahan Agung tokoh Lampung, adat, agama, tokoh masyarakat, akademisi, pejabat teras Pemprov Lampung, bupati, BUMN, BUMD, pimpinan bank, Organisasi perangkat daerah, organisasi massa dan lainnya.(red).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here