Beranda Lifestyle Rutan Kelas II B Menggala Buka Puasa Bersama Dengan Keluarga WBP

Rutan Kelas II B Menggala Buka Puasa Bersama Dengan Keluarga WBP

354
0
BERBAGI

Cahayalampung.com–Sejumlah pengunjung dan Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) Rumaah Tahanan Negara (Rutan) Kelas II B Menggala terlihat menikmati momen buka puasa bersama keluarga pada Rabu (15/5/19) di area ruang besuk Rutan Menggala.

Dijelaskan Kepala Rutan Kelas II B Menggala Wawan Irawan Buka puasa bersama (Bukber) adalah kegiatan rutin tiap minggu kami laksanakan selama bulan suci Ramadhan. Namun tak semua orang bisa mendapat kesempatan untuk melakukan buka bersama. Situasi dan kondisi tertentu membuat sebagian orang terpaksa memendam keinginan mereka untuk bukber, termasuk bersama keluarga sendiri.

“Hal itu salah satunya dialami oleh para WBP di dalam Rumaah Tahanan Negara Kelas II B Menggala. Konsekuensi hukum membuat mereka harus sahur, berpuasa dan berbuka di balik jeruji besi dan jauh dari keluarga. Oleh karena itulah kebahagiaan tak terhingga bisa mereka rasakan jika mendapat setidaknya sekali saja merasakan suasana berbuka bersama dengan keluarga yang jelas menimbulkan kesan yang lebih emosional bagi para warga binaan,” terang Wawan Irawan.

Wawan Irawan menambahkan biasanya setiap WBP hanya dapat dikunjungi hingga siang hari saja, maka pada hari Rabu ini Rutan Menggala memberikan kesempatan bagi masyarakat untuk mengunjungi anggota keluarganya yang sedang menjalani atau menunggu masa pidana, sampai dengan adzan Maghrib berkumandang sehingga dapat berbuka bersama.

“Kegiatan ini baru pertama kali dilakukan selama ini. Kegiatan ini sebagai bentuk perhatian kami pada para warga binaan di sini, dan kegiatan ini merupakan salah satu program pemenuhan hak bagi WBP sekaligus peningkatan layanan bagi WBP dan masyarakat. Terlebih di bulan suci yang penuh berkah ini, kami berupaya memfasilitasi agar silaturahmi mereka dapat terjalin dengan baik,” jelasnya.

Menurut Gusvendra Priambogo selaku Kepala Subseksi Pelayanan Tahanan, kegiatan tersebut akan rutin diadakan satu kali setiap satu pekan selama Bulan Ramadan, yakni setiap Rabu.

“Pihak Rutan Menggala telah membuat jadwal secara bergiliran di setiap Blok. Kegiatan berlangsung dengan tertib dan aman,” paparnya.(akif/red).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here