Beranda Lifestyle Desa Bumi Raya Prioritaskan Pembanguanam Infrastruktur

Desa Bumi Raya Prioritaskan Pembanguanam Infrastruktur

445
0
BERBAGI

LAMPUNG UTARA, (CL) – Desa Bumi Raya kecamatan Abung Selatan, kabupaten Lampung Utara pada tahun 2018 mendapat bantuan dana Anggaran Pendapatan Belanja Desa (APBDES) sebesar Rp1.224.968.657.

Dana ini yang bersumber dari pemerintahan daerah Alokasi Dana Desa (ADD) sebesar Rp469.712.696. di tambah sisa dana di tahun 2017 sebesar Rp274.860.815 dan pemerintahan pusat melalui Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) yang di sebut Dana Desa (DD) sebesar Rp748.536.318. serta bantuan Balai Penyuluhan Petani (BPP) Provinsi Lampung Rp6.000.000.

“Dari dana tersebut di bagi menjadi empat bidang kegiatan yaitu satu bidang pemerintahan desa, sebesar Rp576.152.000 sumber dana dari alokasi dana desa (ADD). Dua bidang pembangunan desa, sebesar Rp674.656.300 sumber dana dari dana desa. Tiga bidang pembinaan ke masyarakatan desa Rp168.540.000 sumber dana dari dana desa dan alokasi dana desa dan Empat bidang pemberdayaan ke masyarakatan desa Rp31.350.000 sumber dana dari dana desa dan alokasi dana desa,” kata Drs. Marpian Kepala Desa Bumi Raya. Selasa (04/9/2018).

Dijelaskan Drs. Marpian dana tersebut kami manfaatkan salah satunya untuk kegiatan bidang pembangunan fisik desa bumi raya pembangunan drainase pasang batu dengan panjang 2216 meter yang berada di empat dusun yaitu dusun satu, dusun dua, dusun empat dan dusun lima desa bumi raya.

“Pembangunan drainase pasang bata panjang 674 meter di tiga dusun, yaitu dusun satu dusun dua dan dusun lima. Pembangunan gorong-gorong plat beton dua unit yang berada di dusun empat dan dusun  lima. Pembangunan rabat beton 2 m x 284 m yang berada di tiga dusun, dusun tanjung muyo satu, tanjung mulyo dua dan dusun suka jadi satu. Pembangunan Rijid ukuran panjang 36 m x 3 m x 20 cm yang berada di dusun tanjung sari. Pembangunan talut dengan ukuran panjang 36 meter yang berada di dusun tanjung sari juga,” ucapnya.

Lanjut Drs. Marpian pemasangan nama jalan 55 titik yang berada di dusun tersebar di semua dusun. Dan pemasangan nomor rumah sebanyak 1020 yang berada di semua dusun desa bumi raya. Dan pembuatan faving block sepanjang 156,5 m di kantor desa bumi raya yang berada didusun tanjung sari menggunakan dana alokasi dana desa.

Dengan adanya dana desa dan alokasi dana desa ini, kepala desa bumi raya Marpian, “Atas nama pemerintahan desa mengucapkan terimakasih kepada pemerintah pusat, provinsi Lampung dan pemerintah kabupaten Lampung Utara. Karena sangat membantu masyarakat dalam akses perekonomian masyarakat. Sarana dan prasarana balai desa pembangunan dapat berjalan dengan baik,”  ungkapnya.

Menurut Marpian pelaksanaan infrastruktur fisik di laksanakan dengan sistem padat karya tunai (PKT) yaitu dengan melibat masyarakat yang tidak mempunyai pekerjaan tetap. Dan terima kasih sebanyak-banyaknya kepada seluruh pemerintah yang telah membantu pembangun di desa. Dalam pekerjaan ini juga pekerja di gajih dengan sistem harian dan tunai (tidak ada yang di borongkan).

Ditempat terpisah salah satu tokoh masyarakat yang diwakili oleh Muhsin, menyampai kan bersyukur dan ucapan terima kasih banyak kepada pemerintahan kabupaten lampung utara, propinsi dan pemerintah pusat. “Kami dapat merasakan langsung adanya pembangunan dan memberdayakan masyakat  setempat untuk meningkatkan perekonomian sebagai pekerja,” terangnya. (Verli)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here