Beranda Lifestyle Hari Lahir Pancasila, Ini Maknanya Menurut Arinal – Nunik

Hari Lahir Pancasila, Ini Maknanya Menurut Arinal – Nunik

548
0
BERBAGI

Bandar Lampung, (CL)- Pasangan calon Gubernur dan calon Wakil Gubernur Lampung Arinal Djunaidi – Chusnunia memaknai pancasila sebagai pedoman dalam melakukan aktivitas termasuk pembangunan.

Cagub Arinal Djunaidi mengatakan hari lahirnya Pancasila sebagai momen kepada masyarakat Indonesia umumnya dan Provinsi Lampung khususnya untuk meneruskan pembangunan bersama-sama. “Lahirnya Pancasila merupakan perwujudan dari lima sila yang harus diterapkan oleh bangsa Indonesia. Itu menjadi pedoman hidup bangsa Indonesia yang sudah ditanamkan oleh pendiri bangsa,” ungkap dia Jumat, 1 Juni 2018.

Mantan Sekretaris Daerah Provinsi Lampung ini juga akan membangun Provinsi Lampung sesuai pedoman hidup bangsa Indonesia yakni Pancasila. “Lima sila merupakan perwujudan atas pemerataan pembangunan, keadilan dalam membangun, persatuan dan kesatuan serta berketuhanan. Ini yang membuat keberagaman Indonesia dan juga di Lampung,” ucapnya.

Arinal menerangkan memaknai pancasila dalam pembangunan dengan menyejahterakan masyarakat Lampung. “Pembangunan dalam segala bidang juga perwujudan pancasila,” tuturnya.

Calon Wakil Gubernur Lampung Chusnunia mengatakan Pancasila adalah ideologi bangsa. “Ideologi kita (pancasila). Untuk anak-anak muda, meskipun tidak dengan cara yang berat atau ya kita tentu memaknai dengan gaya muda, so simple Pancasila seperti rumah. Kita bernaung hidup dibawahnya. Kita ada didalamnya,” ujarnya.

Menurutnya, apa yang menjadi nilai-nilai di Pancasila dipedomani selama ini. “Itulah (Pancasila) yang menjadi badan kita tinggal di tanah air kita, tanah tumpah darah kita bhineka tunggal ika. Dengan seluruh sila di pancasila. Itulah yang menjadi pedoman dan yang kita pedomani dalam hidup di Indonesia,” ungkapnya.

Nunik menganggap Pancasila sebagai rumahnya bangsa Indonesia. “Jadi Pancasila rumah kita, tempat kita berteduh dibawahnya, kita jaga nilai-nilainya. Nilai-nilai luhur pancasila,” tandasnya. (rls/red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here