Beranda Hukum & Kriminal Hanya 4 Jam, Satreskrim Polres Tuba Berhasil Menangkap Pelaku Pembunuhan MB

Hanya 4 Jam, Satreskrim Polres Tuba Berhasil Menangkap Pelaku Pembunuhan MB

954
0
BERBAGI

TUBABA, (CL) – Satuan Reserse Kriminal (Satreskrim) Polres Tulang Bawang (Tuba) bersama Polsek Lambu Kibang, berhasil menangkap SU (22) yang diduga kuat sebagai pelaku pembunuhan, yang terjadi pada Sabtu pagi (21/4/2018), di Tiyuh/Kampung Agung Jaya, Kecamatan Way Kenanga, Kabupaten Tulang Bawang Barat (Tubaba).

Kasat Reskrim AKP Donny Kristian Bara’langi, SIK mewakili Kapolres Tulang Bawang AKBP Raswanto Hadiwibowo, SIK, M.Si mengungkapkan, pelaku ditangkap pada Sabtu (21/4) sekira pukul 18.30 WIB di rumahnya.

“SU yang berprofesi tukang cukur rambut, warga Menggala C SP 6 Tiyuh Bangun Jaya, Kecamatan Gunung Agung, Kabupaten Tulang Bawang Barat,” ungkapnya Sabtu malam.

Kasat Reskrim Menjelaskan, setelah mendapatkan informasi tentang kejadian penemuan mayat di Tiyuh Agung Jaya, yang diketahui identitasnya bernama Muhammad Berlian (MB) (20), kami bergerak cepat untuk mencari dan mengungkap siapa pelakunya.

“Saya yang memimpin langsung pencarian tersebut, tidak membutuhkan waktu yang lama untuk mengungkap siapa pelaku pembunuhan terhadap Muhammad Berlian, hanya 4 jam saja, kami berhasil menangkap pelakunya, saat hendak ditangkap, pelaku melakukan perlawanan yang membahayakan petugas, sehingga terpaksa kami melakukan tindakan tegas dan terukur pada kaki pelaku,” jelasnya.

Dari hasil interogasi terhadap pelaku, “motif pelaku menghilangkan nyawa korban adalah lantaran pelaku merasa sakit hati kepada korban, karena korban sering menghina profesi pelaku sebagai tukang cukur rambut,” terang AKP Donny.

Lanjutnya, sebelum terjadinya pembunuhan tersebut, korban berangkat bersama pelaku dari Bandar Lampung, pada Jum’at malam (20/4) menuju Tulang Bawang Barat, berboncengan dengan menggunakan sepeda motor milik korban. “Saat melintas di tempat yang sepi, tepatnya di jalan Tiyuh Agung Jaya, pelaku yang memang telah merencanakan menghabisi nyawa korban, langsung melakukan aksinya dengan cara memukul leher dan kepala korban, yang mengakibatkan korban tidak sadarkan diri, lalu pelaku melilit dan mencekit leher korban dengan mengunakan ikat pinggang milik korban, setelah dipastikan korban tidak bernyawa lagi, pelaku menyeret korban ke dalam kebun singkong dan membawa kabur sepeda motor mio GT dan handphone (HP) samsung J2 prime warna hitam milik korban,” urai AKP Donny.

Saat ini pelaku dan barang bukti, sudah berada di Mapolres Tulang Bawang. “Pelaku akan dijerat dengan Pasal 340 KUHPidana tentang Pembunuhan berencana, diancam dengan pidana mati atau pidana penjara seumur hidup atau pidana penjara selama 20 tahun dan juga akan dijerat dengan Pasal 365 ayat 3 KUHPidana tentang Curas (pencurian dengan kekerasan) yang mengakibatkan kematian, diancam dengan pidana penjara paling lama 15 tahun.” tandasnya. (rls)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here